Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Pentingnya Beristinja Dengan Baik dan Benar



    Negara - MIN Habirau Tengah, Seluruh siswa laki-laki Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan berkumpul di ruangan Aula Pendidikan Islam Parigi (PIP), Selasa (17/02/15) menjelang jam istirahat pertama berbunyi. Mereka dijadwalkan akan mengikuti bimbingan keagamaan dari Tuan Guru H. Yurni, pengajar dari Pondok Pesantren PIP.

    Didampingi seluruh dewan guru laki-laki MIN Habirau, kegiatan ini melibatkan sebanyak 202 siswa laki-laki dari kelas 1 hingga kelas 6. Dalam tausiyahnya, H. Yurni membahas tentang istinja (menghilangkan/membersihkan najis) secara panjang lebar dan terperinci seperti mengenai tata cara, adab, manfaat serta mudharat lalai dalam beristinja, baik dari kacamata ilmu fiqih maupun ilmu kesehatan.

    Wakil Kepala Madrasah, Jastan, S.Pd.I usai acara menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini tidak lain dalam rangka memberikan pengetahuan serta meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya beristinja dengan baik dan benar sebagaimana yang dianjurkan oleh agama Islam.

    “Apalagi bangunan MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat RI untuk Komplek PIP sudah selesai dibangun dan siap untuk diresmikan. Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran siswa akan pentingnya beristinja dengan baik dan benar semakin meningkat. Sehingga secara tidak langsung siswa turut menjaga dan memelihara fasilitas umum tersebut nantinya” tutur Jastan.

    Diakui oleh Jastan, biasanya anak-anak lelaki lebih sering lalai dalam hal ini.”Apalagi kalo sudah kebelet, anak laki-laki pengen yang ringkas dan cepat saja. Mengindahkan adab dalam beristinja, seperti kencing berdiri misalnya. Semoga setelah ini anak-anak kita terjaga dan terpelihara dari segala kebiasaan buruk seperti itu” harap wali Kelas VI B ini.
    (Ref/Ft: Tsanwari)


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728