Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Koppontren Muawanah Gelar RAT Tahun Buku 2014



    Negara - MIN Habirau Tengah,  Sempat tertunda satu minggu dari jadwal semula, akhirnya Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Muawanah Pendidikan Islam Parigi (PIP) Kecamatan Daha Selatan resmi digelar dengan mengambil tempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah, Sabtu (14/02/15).

    RAT tersebut dihadiri oleh seluruh anggota yakni para guru/ustadz/ustadzah dari madrasah dan pondok pesantren yang ada di Komplek PIP seperti PAUD Al-Qamar, Raudhatul Athfal PIP, MIN Habirau Tengah, MTsN Habirau dan MA serta Ponpes PIP, juga 2 orang perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

    Dalam sambutannya, Drs. H. Baderun Ketua Koppontren Muawanah menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini mengacu pada Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang pokok perkoperasian yang direvisi menjadi Undang-Undang nomor 17 tahun 2012 dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Koppontren Muawanah.

    “Melalui RAT ini izinkan kami para pengurus menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada para anggota tentang hasil pelaksanaan kerja selama Tahun buku yang telah berjalan.” ujarnya yang juga menyebutkan bahwa Koppontren Muawanah tahun kemarin dinobatkan sebagai Koperasi Berprestasi di peringkat ke 2 Kategori Koperasi Lain-lain oleh Dinas Koperasi HSS.

    Lebih lanjut H. Baderun mengungkapkan bahwa saat ini berbagai usaha telah dirintis oleh Koppontren Muawanah diantaranya yakni Usaha Simpan Pinjam (USP), TV Kabel dan Warung Serba Ada (waserda). “Untuk diketahui bersama, beberapa hambatan yang dihadapi pengurus salah satunya kurang lancarnya pembayaran Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib dari para anggota. Hal ini berimbas pada pengembangan usaha karena terkendala modal” lanjut Kepala MA PIP Habirau Tengah ini mengajak anggotanya lebih aktif lagi dalam pembayaran iuran simpanan.

    Perwakilan Dinas Koperasi HSS, Drs. Gusti Ridwan dalam kesempatannya memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Koppontren Muawanah atas terselenggaranya kegiatan ini secara rutian setiap tahunnya. Ia menyebutkan melalui RAT inilah komunikasi dan silaturahmi antara pengurus dan anggota bisa terjaga dengan baik dalam rangka bersama-sama mencapai tujuan utama koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

    Dan dalam kegiatannya itu pula selain dilakukan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) juga disepakati Laporan Pertanggungjawaban pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2014 serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Koppontren Muawanah  untuk periode Tahun 2015.

    (Rep/Ft : Tsanwari)




    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728