Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Bendahara Berikan Bimbingan Pengisian SPT Tahunan



    Negara - MIN Habirau Tengah, Kamis(26/02/15) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan menggelar Bimbingan Pelaporan SPT Tahunan secara e-Filling dengan mengambil tempat di ruang kelas II A. Kegiatan tersebut digelar usai jam pulang siswa dibunyikan dan diikuti oleh seluruh Wajib Pajak (WP) di MIN Habirau yang berjumlah 22 orang.

    Seluruh peserta tampak antusias dan serius mengikuti kegiatan ini. Adapun yang bertindak sebagai pemateri adalah Sardani, Bendahara Pengeluaran MIN Habirau Tengah. Dalam pemaparannya, Dani menjelaskan tentang kewajiban sebagai wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan dan keuntungan serta  tata cara pelaporan SPT Tahunan secara e-Filing.

    “Diantara keuntungannya, yang pertama cepat, aman, dan bisa kapan saja (24×7) dikerjakan, yang kedua penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer, ketiga data yang disampaikan WP selalu lengkap karena ada validasi pengisian SPT. Serta dokumen pelengkap tidak perlu dikirim lagi kecuali diminta oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) melalui Account Representative (AR)” jelasnya.

    Dani mengungkapkan bahwa seluruh wajib pajak yang ada di MIN Habirau Tengah sudah mempunyai e-FIN (Electronic Filing Identification Number). Yaitu nomor identitas yang diterbitkan oleh KPP kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing. Sehingga usai materi diberikan kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung e-Filing.

    “Jadi alurnya seperti ini bapak dan ibu, pertama masuk dulu ke website Direktorat Jenderal Pajak yang beralamat di (www.pajak.go.id). Kemudian pilih menu e-Filling. Nah nanti akan muncul tampilan untuk login. Jadi untuk usernamenya masukkan saja NPWP dan password masing-masing. Kemudian ikuti petunjuk yang ada selanjutnya” ujar Dani panjang lebar menjelaskan.

    Salah satu peserta, Rahimah, S.Pd.I mengatakan bahwa sangat bersyukur ada kegiatan seperti ini yang dilaksanakan oleh madrasahnya. Menurutnya ia dan temannya jadi sangat terbantu. “Jujur kami belum mengerti apa itu e-Filling. Saat regestrasi e-Fin pun kami dibantu Pa Dani. Jadi kami sangat terbantu dengan bimbingan ini. Alhamdulillah sebelum batas pelaporan SPT sampai tanggal 31 Maret berakhir, kami sudah selesai melaporkan (SPT)-nya” ucap WP Honorer ini senang usai menerima notifikasi Bukti Penerimaan Elektronik yang masuk di e-Mail pribadinya

    Kepala MIN Habirau Tengah, Dra. Hj. Ma’shumah yang turut berhadir pada acara itu mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai sendiri oleh bendahara madrasahnya. Ia mengakui masih ada WP di madrasahnya yang kebingungan bagaimana melaporkan SPT secara e-Filling. “Hal ini mengingat baru di tahun ini kami (MIN Habirau, red) menggunakan e-Filling dalam pelaporan SPT Tahunan.  Ternyata e-Filling itu mudah dan tidak ribet seperti yang dibayangkan. Terima kasih buat Pa Dani yang berinisiatif mengadakan kegiatan ini. Kami sebagai Wajib Pajak jadi terbantu dalam penyampaikan SPT Tahunan. ” kata Hj. Ma’shumah saat menutup acara.


    (Ref/ft: Tsanwari)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728