Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Implementasi K-13 MIN Habirau Diteliti Mahasiswi IAIN


    Negara - MIN Habirau Tengah, Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Habirau Tengah yang berada di Komplek Pendidikan Islam Parigi (PIP) Kecamatan Daha Selatan kedatangan mahasiswi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin. Adapun maksud dan tujuan kedatangan dari Mahasiswi yang bernama Norhalimah tersebut tidak lain ingin melakukan penelitian dalam rangka menyelesaikan tugas akhir kuliah S1-nya.

    Dihadapan Kepala MIN Habirau Tengah Dra. Hj. Ma’shumah,  Norhalimah memohon izin untuk diperkenankan melakukan pengumpulan data buat skripsi yang akan digarapnya dengan judul ‘Analisis Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Di MIN Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan’.

    Hj. Ma’shumah dengan penuh keramahan menyambut kedatangan mahasisiwi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) itu. Dijelaskan oleh Kamad bahwa madrasah yang dipimpinya sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 ini. “Secara Nasional, madrasah di bawah Kementerian Agama, khusus untuk tingkat MI K-13 baru diterapkan untuk kelas 1 dan 4 saja”ungkap Hj. Ma’shumah

    Namun lanjut beliau mengungkapkan sejak pemberhentian K-13 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, seluruh madrasah secara nasional sebagaimana Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 207 Tahun 2014 memberlakukan penerapan 2 kurikulum sekaligus yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan Kurikulum 2013.

    “Adapun penerapan K-13 itu khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab saja. Hal ini mengacu pada KMA Nomor 165 Tahun 2014 dan mulai diberlakukan sejak awal semester dua tahun pelajaran ini” tambah Hj. Ma’shumah

    Terpilihnya MIN Habirau Tengah sebagai lokasi penelitiannya, diakui Norhalimah tidak lepas dari nama besar madrasah ini. Walau berada jauh dari kota namun Madrasah yang pernah meraih Juara 1 Madrasah Berprestasi dan Juara 1 Madrasah Sehat Tingkat MI se Kalimantan Selatan punya segudang prestasi yang membanggakan.

    “Saya tertarik dengan madrasah ini, karena terkenal sangat aktif dan banyak prestasi. Dan Alhamdulillah pihak madrasah berkenan menginzinkan dan membantu saya untuk melakukan penelitian di sini. Semoga semuanya berjalan lancar.” tutur mahasiswi yang tinggal di Banjarmasin ini.

    (Ref/Ft: Azwar Anas)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728