Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Hafalan Surah Muhammad Noor Akan Diuji


    Negara - MIN Habirau Tengah, Muhammad Noor Siswa Kelas VI A kembali diandalkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan untuk berlaga pada event dalam rangka memperingati Milad Yayasan Al-Futuwwah Kandangan yang ke-V pada Rabu (11/02/15) di SDIT Qurrata A’yun Kandangan mendatang. Kali ini siswa kelahiran 13 Mei 2003 tersebut akan diturunkan pada cabang lomba Tahfidz Qur’an.

    Ditemui usai menjalani latihan, Senin (09/02/15) bagi Matnor begitu biasa ia disapa, lomba tersebut adalah lomba tahfidz pertama yang akan ia ikuti. Sebelumnya ia sering diikutkan oleh madrasahnya pada lomba kepramukaan, adzan dan tausiyah. “Ini tantangan bagi ulun (saya, red) sejauh mana hapalan surah-surah yang ulun kuasai.“ tutur anak pertama dari pasangan Ustadz Abdul Halim, S.Pd.I dan Nor Aida ini.

    Ditemui secara terpisah ketua kontingen, Sanwari Hidayat menjelaskan bahwa teknis lomba tahfidz adalah sistem undi dimana sebelum diuji setiap peserta yang tampil akan mengambil satu amplop dari dari sekian amplop soal wajib yang disediakan panitia kemudian juri membacakan sedikit potongan surat yang diuji, lalu dilanjutkan oleh peserta lomba.

    “Untuk surah yang akan dilombakan berkisar antara surah An-Naas sampai Ad-Dhuha. Jadi ada sekitar 22 surah yang harus dikuasi oleh Matnor.” Jelasnya.

    Dikatakan Sanwari bahwa yang menjadi poin penilaiannya nanti diantaranya adalah Tajwid, Makharijul Huruf, Kelancaran, Irama, dan Adab. “Meski tersisa 1 hari lagi sebelum hari H tiba, kita akan mantapkan 5 hal itu dengan segera. Kami optimis” ucap Sanwari yakin.

    Seperti yang diberitakan sebelumnya, MIN Habirau baru saja menerima surat undangan lomba tersebut, Senin (09/02/15) melalui jasa kurir. Yang mana surat yang dilengkapi dengan petunjuk teknis perlombaan itu ternyata sudah memasuki masa kadaluarsa. Beruntung madrasah ini masih diberikan kesempatan untuk turut serta setelah pihak madrasah mengkonfirmasi kepada panitia penyelenggara. Dan pada ajang yang dikhususkan bagi siswa kelas 6 itu, MIN Habirau Tengah akan tampil di tiga cabang lomba yakni Rudat, Cerdas Cermat dan Tahfidz.

    (Ref/Ft: Azwar Anas)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728