Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN Habirau Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun


    Negara- MIN Habirau Tengah, Pengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bersama Dokter Kecil Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah yang berada di Komplek Pendidikan Islam Parigi (PIP) Kecamatan Daha Selatan menggelar kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS), Sabtu (14/02/15). Kegiatan yang melibatkan 120 siswa dari kelas 1 dan kelas 2 ini digelar menjelang jam istirahat pertama dibunyikan.

    Di bawah bimbingan para dokter kecil, seluruh peserta tampak sangat antusias mengikuti kampanye kesehatan ini. Sebelum praktik dimulai terlebih dahulu peserta mendengarkan teori tentang CPTS yang disampaikan oleh Jazuli guru olahraga yang juga penanggungjawab kegiatan.

    Jazuli mengatakan kebiasaan CTPS perlu digalakkan. Sebagai antisipasi pencegahan terhadap ancaman penyakit diare di musim hujan saat ini. “Ada tujuh penyakit yang muncul saat musim hujan karena biasanya curahnya tinggi dan mengakibatkan banjir salah satunya yang sering terjadi adalah penyakit diare. Karena penyakit diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu (personal hygiene).” Kata Jazuli menjelaskan secara panjang lebar.

    Lebih lanjut ia menyebutkan tangan merupakan jalur penularan berbagai penyakit menular tidak hanya diare tapi juga seperti kolera, ISPA, cacingan, dan Hepatitis A. “Nah, dengan Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku hidup bersih dan sehat. Nomor satu CTPS dilakukan untuk mencegah seseorang tidak tertular penyakit," tambahnya.

    Bersamaan dengan kampenye ini juga digelar aksi sikat gigi bersama untuk seluruh peserta. “Kita juga memberikan pengetahuan bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar. Jangan sampai kita yang sudah rajin gosok gigi malah menderita sakit gigi. Tak taunya cara menyikatnya yang ternyata salah” tutur salah satu dokter kecil sambil mempraktikan cara menyikat gigi yang benar.

    (Ref/Ft : Tsanwari)




    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728