Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Siswa MIN Habirau Tengah Ciptakan Roket


    Nagara, MIN HT – Tim Robotik MIN Habirau Tengah akhirnya berhasil menyelesaikan proyek pembuatan roket air yang terbuat dari barang bekas, Minggu (02/03). Proyek ini merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler yang baru yang ada di MIN Habirau Tengah. Terdiri dari 2 tim, 1 tim robotik putera dan 1 tim robotik puteri. Masing-masing tim berjumlah 7 orang siswa.

    Walau terlihat agak mudah, namun saat pembuatan roket ini siswa cukup kesulitan dalam berkreasi menciptakan roket yang keren dan unik. Namun berkat semangat dan kerja keras siswa, terciptalah 5 roket yang siap diluncurkan.

    Menurut Sanwari Hidayat, instruktur robotik MIN Habirau Tengah kegiatan ektrakurikuler robotik ini masih sebatas bagaimana siswa bisa mengenal dan mampu mengoperasikannya.

    “Robot-robot ini merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Terdiri 3 jenis robot yaitu 1 set robot peluncur roket, 2 unit robot lengan dan 2 unit robot kura-kura. Sebagaimana hasil workshop pelatihan robotik kemarin. Pada tahap awal ini, siswa hanya diajarkan agar bisa mengenal dan mampu mengoperasikannya. Untuk tahap merakit atau membuat robot itu masih belum”, ungkap Sanwari

    “Kesulitan dan kendala dari kegiatan ini, disamping jumlah unit robot yang terbatas. Juga sulitnya mencari sparepart untuk mengganti bila ada bagian robot yang sudah rusak. Di sini (Kalimantan) susah mau beli dimana. Robot inikan produksi dari Jawa. Jadi kami harus berhati-hati dalam menggunakannya”, tambah Sanwari.

    Salah satu anggota tim robotik puteri, Najwa Firda Azhari mengungkapkan kegembiraannya belajar tentang robotik. “Belajar robot itu ternyata seru. Saya beruntung terpilih menjadi anggota tim robotik MIN Habirau Tengah. Kalau saya lebih suka robot peluncur roket. Lewat roket air saya dan teman-teman belajar ilmu IPA nya juga. Jadi tak sabar ingin segera meluncurkan roket-roket karya kami”, tutur Najwa, bintang kelas V B. (Tim CREW (Creative Warrior) / Tim Kreatif MIN HT)

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728