Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Siswa MIN Habirau Ikuti Kegiatan Pengenalan Alam


    Kandangan - MIN Habirau Tengah. Siswa-siswi kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Habirau Tengah Kabupaten Hulu Sungai Selatan terlihat gembira dan antusias mengikuti kegiatan pengenalan alam, Rabu (27/01/16).

    Tidak seperti aktivitas belajar seperti biasa, kali ini pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan mengambil tempat di areal persawahan milik Yayasan Pendidikan Islam Parigi, yang terletak tidak jauh dari madrasah.

    Henny, S.Pd.I.  selaku wali kelas menjelaskan kegiatan pengenalan alam yang diikuti 32 siswa tersebut dilaksanakan pada jam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuannya sambung Henny, selain memberikan nuansa belajar yang baru, juga pengalaman yang positif untuk mengembangkan minat keilmuan siswa.

    “Para siswa kita beri tugas untuk mencatat apa saja yang mereka jumpai, baik itu pohon ataupun hewan. Dengan begitu diharapkan mereka dapat mengenali alam sekitar dan mencintai kelestarian lingkungan,” jelas Henny.

    Lebih lanjut Henny mengungkapkan belajar di alam terbuka memiliki manfaat lebih. Para siswa bisa menyaksikan obyek yang dipelajari.

    “Mereka bisa melihat langsung dan lebih memahami. Tidak hanya menerka dan membayangkan,” tambah Henny.

    Dalam kegiatan ini para siswa secara seksama melakukan observasi selama dua jam pelajaran. Mereka saling berdiskusi untuk mengenal dan mengidentifikasi jenis flora dan fauna yang mereka temui. Di akhir kegiatan, hasil observasi yang mereka lakukan kemudian dibacakan oleh masing-masing siswa.


    (Ref/Ft: Tim Humas)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728