Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: GURU HARUS JADI TELADAN SISWA DALAM BERIBADAH


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma’shumah menuturkan guru sebagai pendidik harus menjadi teladan siswa dalam beribadah.

    Menurut Ma`shumah, pada hakikatnya sifat anak-anak yang suka meniru perilaku orang lain merupakan fitrah manusia. Ketika berada di sekolah siswa sedikit banyak pasti meniru gurunya, baik itu perkataan maupun tingkah laku guru tersebut.

    "Untuk itu, setiap pendidik harus berusaha menjadi teladan baik bagi anak didiknya terkhusus dalam hal ibadah," ujarnya menanggapi ceramah Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I mengenai Meningkatkan Ibadah Shalat pada acara Peringatan Isra dan Mi’raj 1444 H oleh PGRI Kemenag Wilayah Daha, Rabu (22/02/23).

    Ma`shumah menyebutkan selain rajin mengajar, guru juga harus rajin beribadah. Shalat sebagai salah satu ibadah utama harian menjadi titik penting siswa dalam meniru gurunya. Karna guru yang mengajarkan siswa tentang shalat dan mengingatkan siswa untuk shalat.

    "Seorang guru tidak dapat mendidik siswanya agar rajin beribadah jika ia sendiri malas beribadah. Untuk itu hendaknya seorang guru mendirikan shalat dengan baik, misalnya dengan shalat di awal waktu dan mengusahakan agar shalatnya berjamaah. Karna guru yang baik adalah guru yang beragama, mengetahui cara mendidik, dan menjadi contoh serta teladan bagi anak muridnya," ujarnya.

    Sebelumnya Yamani menyampaikan dalam ceramahnya, Isra Mi’raj merupakan salah satu mukjizat dari sekian banyak mukjizat Nabi Muhammad SAW. Setiap tahun umat muslim memperingatinya karena perintah shalat lima waktu diturunkan pada saat Isra Mi’raj. "Dengan adanya peringatan Isra Mi’raj ini, marilah kita senatiasa meningkatkan ibadah shalat kita baik secara kualitas maupun kuantitas," ajaknya.

    Lebih lanjut Yamani menjelaskan meningkatkan ibadah shalat secara kualitas dapat dilakukan dengan ketepatan waktu pelaksanaannya, misalnya dengan tidak menunda-nunda pengerjaannya. Sedangkan secara kuantitas dapat ditingkatkan dengan memperbanyak shalat-shalat sunnah, seperti shalat dhuha, tahajjud dan sebagainya.

    "Dengan adanya peringatan Isra’ Mi’raj ini,  semoga Allah SWT senantiasa menguatkan iman kita dan memberi kita kekuatan untuk selalu meningkatkan ibadah shalat baik secara kualitas maupun kuantitas," harap Yamani.

    Kegiatan ini digelar di mesjid Sabilal Muttaqin desa Muning Baru dengan dihadiri Ka.Kankemenag kab. HSS, Kasi Pendmad Kemenag kab. HSS, Ketua PGRI kab. HSS, Ketua Pembina PGRI cabang Kemenag kec. Daha, Kepala KUA kec. Daha, Pengawas Madrasah Kankemenag kab. HSS, Pengawas PAI wilayah Daha dan seluruh PTK RA dan madrasah yang ada di lingkup wilayah Daha.

     

    (Ref: Islamiah / Ft: Riswan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728