Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU DENGAN METODE PEMBELAJARAN SAS

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Rusmaida, S.Ag melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Struktural Analitik dan Sintetik (SAS), Sabtu (18/03/23) di kelas I B.

    Menurut Rusmaida, Metode SAS merupakan pembelajaran membaca permulaan menggunakan proses penguraian kalimat menjadi kata ataupun kata menjadi suku kata, lalu dari suku kata menjadi kalimat. Kegiatan ini tentunya dapat membantu proses pembelajaran di kelas menjadi efektif. 

    "Adapun tahap kegiatan metode SAS adalah dimulai dari mengurai kalimat menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf. Setelah itu, siswa mampu mengenali huruf-huruf dalam kalimat, maka huruf-huruf tersebut digabung kembali, dari huruf menjadi suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat. Contohnya i n i  b u k u," jelasnya.

    Kegiatan pembelajaran dengan metode SAS ini dapat mengaktifkan siswa berbahasa dan melatih keterampilan siswa membaca, sehingga siswa dapat menguasai bacaan dengan lancar. "Selain itu, juga dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk membaca dan menulis tahap permulaan," pungkas Haliah.

    Salah satu siswa kelas I B, Zubair merasa terbantu dan antusias terhadap apa yang dipelajarinya dengan metode ini. "Kami jadi semangat untuk membaca lebih banyak lagi," ujarnya.

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728