Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Nornah, S.Pd melakukan pembelajaran efektif dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing, Sabtu (25/02/23) di ruang kelas IV A.

    Menurut Nornah mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi siswa.

    "Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ini dapat dilakukan dengan menerapkan metode ataupun model pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar," ungkapnya.

    Lebih lanjut Nornah menuturkan pembelajaran efektif bisa dilakukan ketika menggunakan model pembelajaran yang tepat bagi siswa. Adapun salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi wawancara adalah model bermain peran (Role Playing).

    Pada kegiatan pembelajaran ini, guru terlebih dulu membagikan siswa ke dalam beberapa kelompok. Ada yang berperan sebagai pewawancara, narasumber, dan notulen. Lalu, guru bertindak sebagai pembimbing untuk mengarahkan mereka dalam memerankan tokoh yang telah ditentukan.

    “Model pembelajaran ini mudah dipahami oleh siswa dan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dan aktif. Selain itu juga dapat memupuk rasa percaya diri serta mengajak siswa tidak canggung bersosialisasi dengan orang lain," jelas Nornah.

    Muhammad Nadzir, salah satu siswa kelas IV A mengaku sangat menikmati pembelajarkan kali ini karna model pembelajaran yang digunakan sangat menyenangkan. "Saya jadi tahu cara menunjukkan sikap ramah dan murah senyum kepada teman saat ingin menanyakan sesuatu," ujarnya antusias.

     

    (Ref/Ft: Mudzalidah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728