Header Ads

ad728
  • Breaking News

    TINGKATKAN KETELITIAN, SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU LEWAT PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Islamiah S.Pd melakukan pembelajaran seru dengan mengajak siswa menganalisis gambar-gambar pada materi Surat Undangan, Kamis (02/03/23) di kelas VB.

    Menurut Islamiah mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagian besar berisi konsep-konsep yang menuntut siswa harus memahami satu persatu konsep tersebut agar tidak keliru mengenai makna suatu kebahasaan yang ada di kehidupan sehari-hari.

    "Untuk itu diperlukan metode yang dapat membantu siswa dalam penguatan materi sehingga siswa tidak hanya menguasai materi tersebut tetapi juga dapat menyajikan hasil analisisnya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Example Non Example," ungkapnya.

    Metode ini sambungnya, merupakan metode yang menekankan pada analisis siswa untuk membantu siswa dalam memahami definisi suatu konsep. Mula-mula siswa disajikan beberapa gambar yang berisi 3 jenis surat undangan. Secara berkelompok mereka menganalisis perbedaan 3 jenis surat undangan tersebut dalam bentuk deskripisi singkat. Kemudian mereka diminta mempresentasikan hasil analisisnya di depan kelas.

    Lebih lanjut Islamiah menambahkan pembelajaran dengan metode ini secara tidak langsung memberikan beberapa manfaat dalam kehidupan siswa sebagai pribadi terpelajar. "Di antaranya dapat membangun kerjasama siswa, mengasah siswa untuk berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara di depan orang banyak," sebutnya.

    Semua siswa tampak menikmati jalannya pembelajaran. Salah satu siswa kelas VB Amelia Phaedra El Fattah mengaku selama pembelajaran berlangsung ia dan anggota kelompoknya sangat fokus ketika mulai menganalisis. "Kami berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan. Karnanya kami selalu berdiskusi.

     

    (Ref/Ft: Midah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728