Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS TERAPKAN GOTONG ROYONG SEBAGAI BENTUK PENGAMALAN SILA PANCASILA

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Jastan, S.Pd.I mengajak siswa bergotong royong dalam membersihkan ruang kelas sebelum pelaksaan pembelajaran dimulai, Jum`at (03/03/23) di kelas VI A.

    Menurut Jastan, seperti diketahui dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila dengan lima sila di dalamnya diciptakan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Salah satu contoh pengamalan sila ketiga Pancasila adalah mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, seperti halnya gotong royong.

    "Gotong royong memiliki nilai-nilai luhur dari sila ketiga Pancasila yang akan membawa arah persatuan. Karena Gotong royong inilah yang merupakan tali pemerkuat bangsa Indonesia," ujarnya.

    Lebih lanjut Jastan menyebutkan dengan adanya kegiatan ini dapat memupuk rasa disiplin, kerjasama, dan cinta kebersihan dalam diri siswa. "Kebiasaan baik ini akan terus terbawa hingga tua nanti. Selain menjadi pribadi yang cinta agama, juga menjadi pribadi yang peduli dan cinta lingkungan," pungkasnya.

    Gotong royong ini tidak hanya mempererat hubungan persaudaraan akan tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial. Salah satu siswa VI A, Anis mengaku merasa beban yang berat menjadi ringan. "Pekerjaan jadi cepat terselesaikan karna dilakukan bersama teman," ungkapnya.

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728