Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD IMBAU SISWA TINGKATKAN MOTIVASI DIRI DALAM BELAJAR

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma`shumah mengimbau siswa agar meningkatkan motivasi diri dalam belajar.

    Sebagai seorang pelajar sambungnya, siswa memiliki kewajiban utama yaitu belajar. Meskipun sudah tahu akan kewajibannya, tidak jarang siswa masih bermalas-malasan dalam belajar karna kurangnya motivasi.

    "Kurangnya motivasi akan berdampak pada hasil belajar yang tidak memuaskan. Untuk itu seorang siswa perlu memunculkan dan meningkatkan motivasi belajar yang dimulai dari dirinya sendiri," ujarnya menanggapi amanat Mudzalifah, S.Pd mengenai mencintai semua mata pelajaran yang disampaikan pada upacara bendera, Senin (27/02/23).

    Menurut Ma`shumah meningkatkan motivasi belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah memiliki tujuan yang ingin dicapai yang tidak berbatas pada satu cita-cita. Misalnya siswa memiliki cita-cita menjadi seorang dokter, maka buatlah tujuan mulia lainnya.

    "Seperti ingin berkuliah di kampus unggul, ingin memberangkatkan haji orangtua, ingin bermanfaat untuk semua makhluk Allah, dan lain sebagainya. Ketika rasa malas belajar muncul, ingatlah lagi keinginan-keinginan tersebut maka semangat ingin belajar akan tumbuh kembali," pungkasnya.

    Sebelumnya Mudzalifah menyampaikan dalam amanatnya jika mencintai semua mata pelajaran maka akan menumbuhkan semangat belajar. Dengan adanya semangat belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar di dalam diri siswa. "Motivasi belajar itulah kunci utama kesuksesan kalian di masa mendatang," ungkapnya.

    Lebih lanjut Mudzalifah menambahkan jika ada materi yang tidak dipahami jangan takut untuk bertanya. "Jika tidak ada guru di tempat, bertanyalah pada teman yang faham. Jangan sampai rasa takut untuk bertanya menjadi kendala kalian dalam suatu pelajaran," pesannya.

    Upacara Bendera setiap hari Senin dilaksanakan secara gabungan dengan diikuti seluruh siswa-siswi serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP)

     

    (Ref: Islamiah / Ft: Arif)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728