Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS TERIMA 454 OBAT CACING DARI PUSKESMAS SUNGAI PINANG

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) terima 454 obat cacing dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Pinang untuk diberikan kepada seluruh Peserta Didik, Senin (13/02/23) di masing-masing kelas.

    Sasaran pemberian obat cacing ini adalah seluruh siswa mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI dan sebelum pendistribusian obat, petugas terlebih dahulu menjelaskan manfaat dan cara mengkonsumsi obat cacing tersebut. 

    Salah satu petugas puskesmas Yunita Adha menjelaskan bahw tujuan pemberian obat cacing ini dilakukan untuk mengoptimalkan penyerapan karbohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

    “Penyakit kecacingan lebih sering menyerang anak balita dan anak-anak sekolah dasar. Faktor penyebab kecacingan dapat disebabkan oleh sanitasi lingkungan yang kurang terjaga, kebiasaan buruk Buang Air Besar sembarangan, tidak memotong kuku dan kebiasaan tidak menggunakan alas kaki dan personal hygienes yang tidak bersih dan sehat,” jelasnya

    Selanjutnya Yunita mengatakan  pemberian obat cacing ini juga sangat penting bagi anak usia sekolah sebagai bagian mendukung kesehatan anak dalam aktivitasnya belajar di madrasah.

    “Cacingan tidak bisa dianggap remeh karena bisa membuat penyerapan asupan gizi tidak sempurna dan anemia juga menggangu aktifitas belajar anak sehingga prestasi di sekolah menurun. Adapun anak yang bebas dari infeksi cacing katanya, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi sehingga mempengaruhi perbaikan kognitif dan prestasi anak di sekolah,” terangnya.

    Sementara Kepala Madrasah, Dra. Hj. Ma’shumah menyambut baik petugas puskesmas atas kedatangannya dalam memberikan obat cacing kepada peseta didik. “Kami berharap dengan pemberian obat cacing inipara peserta didik di madrasah kami terhindar dari penyakit cacingan. Selanjutnya peran orang tua di rumah dan pendidik di madrasah sangat diperlukan untuk mencegah anak terserang infeksi cacing. Selain itu juga orang tua dihimbau untuk mengajari peserta didik menerapkan prilaku hidup sehat sedini mungkin.” ungkapnya.

     

    (Ref: Midah / Ft: Arif)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728