Header Ads

ad728
  • Breaking News

    TANAMKAN BUDAYA LITERASI, SISWA MIN 11 HSS GUNAKAN FASILITAS POJOK BACA


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) rutinkan kegiatan Pojok Baca dalam meningkatkan literasi madrasah, Sabtu (04/03/23) di ruang kelas masing-masing.

    Pojok baca bisa juga dikatakan dengan sebutan Pojok Literasi. Kemampuan siswa dalam berliterasi akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai kesuksesaan.

    Kepala madrasah MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah menuturkan kegiatan tersebut merupakan agenda pembiasaan membaca agar menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan kosa kata sebelum pembelajaran dilaksanakan. "Dengan begitu, Pojok Baca akan terfungsikan sesuai manfaatnya bagi siswa dan guru," ungkapnya.

    Mashumah menambahkan guru harus berupaya memaksimalkan agar Pojok Baca menjadi magnet sehingga dapat merangsang siswa gemar membaca.

    "Keterampilan membaca sangat penting untuk dikembangkan menjadi budaya baru. Karna itu Pojok Baca harus ada di setiap kelas, agar para siswa lebih mudah membaca buku selain harus ke perpustakaan," imbuh Kamad.

    Guru kelas V Atikah, S.Pd menyebutkan Pojok baca tidak hanya menyediakan buku non fiksi, melainkan buku fiksi yang tersedia sebagai bahan bacaan siswa agar siswa merasa tidak bosan. "Dengan adanya kegiatan pembiasaan literasi, minat baca siswa dapat kembali ditumbuh kembangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi anak dalam kegiatan membaca, " pungkas Atikah.

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728