Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS UBAH SAMPAH MENJADI BARANG BERNILAI


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Warida, S.Pd melakukan pembelajaran SBdP dengan mengajak siswa membuat kerajinan tangan dengan mendaur ulang sampah, Kamis (02/03/23) di ruang kelas II B.

    SBdP kata Warida adalah mata pelajaran yang mencakup materi kesenian, kebudayaan, dan keterampilan. Menurut Warida, salah satu keterampilan yang diajarkan saat ini adalah kerajinan tangan. "Dalam membuat kerajinan tangan guru dapat mengajak siswa untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang bisa digunakan," ungkapnya.

    Lebih lanjut Warida menyebutkan contoh kerajinan tangan yang dapat siswa buat misalnya bunga, tempat sendok, tempat pensil, rak buku, dan lain sebagainya.

    "Tidak hanya merangsang kreativitas siswa, kegiatan mendaur ulang sampah juga membuat siswa memperoleh ilmu pengetahuan dalam berkarya, mengolah limbah kertas/kardus, plastik, maupun botol menjadi karya yang mempunyai nilai seni tinggi dan bermanfaat," pungkasnya.

    Salah satu siswa kelas II B, Siti Fatihah tampak semangat dan antusias dalam mengolah kerajinan. "Saya membuat rak pensil hias dari botol plastik dengan dibalut kain flanel," ujarnya.

    Kegiatan mendaur ulang sampah ini bukan hanya menciptakan suatu benda yang bernilai, tetapi dapat menjadi peluang kegiatan usaha berkelanjutan.

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728