Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PERKENALKAN LAMBANG SILA PANCASILA KE -2, SISWA MIN 11 BERKREASI MEMBUAT RANTAI DARI KERTAS KARTON

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Arsinah, S.Pd.I melakukan pembelajaran PKn dengan mengajak siswa membuat rantai sila Pancasila ke-2 dari kertas karton, Selasa  (07/03/23) di ruang kelas I C.

    Menurut Arsinah untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran PKn salah satunya lambang sila Pancasila, maka diperlukan kegiatan yang mengasah kreativitas siswa. Seperti membuat kerajinan yang mudah dibuat oleh siswa.

    "Diantara lambang sila Pancasila yang sedang dipelajari saat ini adalah sila ke-2 yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dengan lambangnya rantai. Siswa diminta membuat rantai dari kertas karton yang telah disediakan," ujarnya.

    Lebih lanjut Arsinah mengungkapkan pembuatan kerajinan ini sangatlah sederhana hanya dengan menggunakan kertas karton berwarna, gunting, lem kertas atau stapler. Kegiatan ini dikerjakan oleh masing-masing siswa terlebih dulu memotong kertas karton berukuran panjang, lalu membentuk pola cincin. Selanjutnya direkatkan dengan cincin lagi dengan lem kertas ataupun stapler hingga menjadi rangkaian berbentuk rantai.

    Selain memudahkan pemahaman siswa sambungnya, kerajinan ini juga memotivasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. "Dengan adanya kerajinan membuat rantai dapat menumbuhkan kreativitas dan ketelitian siswa," imbuhnya.

    Salah satu siswa kelas I C, Putri Yasmin Ramadhan merasa antusias dengan kegiatan membuat rantai ini. Ia tampak senang dengan hasil karyanya. "Rantai yang kami buat nantinya bisa digunakan untuk hiasan di kelas," ujarnya antusias.

     

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728