Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KEMBANGKAN KREATIVITAS, SISWA MIN 11 HSS BUAT ALAT PERAGA EDUKATIF PAKAIAN ADAT NUSANTARA

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Untuk memudahkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS materi Keragaman Budaya di Indonesia, salah satu di antaranya berkaitan dengan Pakaian Adat Nusantara. Guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Abdurrahman, S.Pd.I melakukan pembelajaran menarik dengan mengajak siswa membuat Alat Peraga Edukatif Pakaian Adat Nusantara, Selasa (21/02/23) di ruang kelas IV C.

    Menurut Abdurrahman, beberapa siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran IPS. Karena itu untuk memudahkan siswa dalam memahami fakta dan konsep materi pembelajaran IPS, diperlukan inovasi alat peraga pembelajaran yang mudah diserap oleh siswa. Salah satunya adalah Alat Peraga Edukatif Pakaian Adat Nusantara.

    "Pembuatan alat peraga ini sangatlah sederhana hanya dengan menggunakan kardus bekas, lem, dan gunting. Kegiatan ini dikerjakan oleh masing-masing siswa dengan merekatkan gambaran ikon pakaian adat yang telah dibagikan oleh guru secara acak dari berbagai provinsi dengan lem kertas, lalu setelah itu digunting berdasarkan polanya. Dengan adanya kegiatan kreativitas ini, maka sampah kertas (kardus) dapat didaur ulang menjadi barang yang bernilai," ungkapnya.

    Lebih lanjut Abdurrahman menyebutkan selain memudahkan pemahaman siswa, Alat Peraga Edukatif Pakaian Adat Nusantara juga memotivasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. "Melalui alat peraga ini dapat mengaktifkan daya motorik, kreatif, dan pemahaman siswa," terangnya.

    Salah satu siswa kelas IV C, Muhammad Si Boy merasa antusias dengan kegiatan membuat alat peraga ini. "Saya merasa senang bisa membuat karya sendiri bersama teman-teman. Dengan kegiatan tersebut kami bisa lebih mengenal berbagai jenis dan corak pakaian adat di Indonesia," ujarnya antusias.

     

    (Ref/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728