Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU DENGAN ALAT PERAGA KUADRAT

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Untuk memudahkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Akar Pangkat 2 atau yang disebut Akar Kuadrat, guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Nornah, S.Pd melakukan pembelajaran menarik dengan menggunakan alat peraga Akar Kuadrat, Senin (20/02/23) di ruang kelas IV A.

    Menurut Nornah, tidak semua siswa cepat memahami pembelajaran Matematika. Karena itu untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika, diperlukan inovasi alat peraga pembelajaran yang mudah diserap oleh siswa. Salah satunya adalah alat peraga Akar Kuadrat.

    Penggunaan alat peraga Akar Kuadrat terdapat banyak cara untuk menghitungnya. Siswa akan menggunakan caranya masing-masing dalam menghitungnya. Ada yang cepat dengan menggunakan metode perkalian ada pula menghitungnya dengan cara metode pembagian.

    "Cara menghitung Akar Pangkat 2 atau Akar Kuadrat yang pertama adalah menggunakan metode perkalian. Seperti halnya dengan Akar Kuadrat 4 adalah 2. Sedangkan cara menghitung Akar Pangkat 2 dengan pembagian, seperti Akar Kuadrat 25 adalah 5. Angka yang bisa membagi 25 adalah angka 5, seperti 25:5 menghasilkan angka 5. Sudah tidak bisa dibagi lagi dan bisa dikalikan dengan dirinya sendiri," jelasnya.

    Lebih lanjut Nornah menyebutkan selain memudahkan pemahaman siswa, alat peraga Akar Kuadrat  juga memotivasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. "Dengan adanya alat peraga ini dapat memusatkan perhatian siswa selama pembelajaran berlangsung dan mempermudah penguasaan materi, dan juga siswa tidak merasa jenuh," pungkas Nornah.

    Semua siswa tampak menikmati jalannya pembelajaran. Muhammad Alfath Fadillah, salah satu siswa kelas IV A mengatakan bahwa pembelajaran dengan alat peraga ini terasa menyenangkan. "Sangat menarik dan mudah dipahami," ujarnya.

     

    (Ref: Mudza / Ft: Riswan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728