Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU LEWAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, salah satu guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Husnul Khatimah, M.Pd melakukan pembelajaran Kooperatif, Jum’at (10/02/23) di ruang kelas VI C.

    Menurut Husnul, sebagai pendidik sudah semestinya guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan agar mampu menarik minat siswa dalam belajar dan upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, salah satunya menggunakan model pembelajaran Kooperatif.

    “Model pembelajaran Kooperatif adalah model pembelajaran yang mengharuskan siswa bekerja dalam sebuah kelompok. Dalam kelompok ini mereka saling berdiskusi, bertukar pikiran, dan saling membantu antar sesama anggota kelompok,” tuturnya.

    Lebih lanjut Husnul mengungkapkan pembelajaran Kooperatif yang dilakukannya menggunakan strategi Numered Heads Together. Siswa dikelompokkan dan setiap anggotanya diberi nomor di kepala masing-masing.

    “Setelah kelompok terbentuk, siswa diajak bermain menemukan ‘harta karun’ berupa amplop berisi kartu kalimat. Kartu-kartu tersebut merupakan kalimat pertanyaan dan jawaban. Setiap kelompok harus mencocokkan antara pertanyaan dengan jawaban yang benar untuk kemudian dipresentasikan di depan kelas,” jelasnya.

    Husnul berpendapat pembelajaran Kooperatif dapat mengembangkan pemahaman dan sikap siswa dalam berkehidupan di masyarakat. Sikap saling membantu dalam berkelompok nantinya akan menjadi modal utama mereka dalam berperilaku sosial di masyarakat.

    Semua siswa tampak menikmati jalannya pembelajaran. Zahratussyita, salah satu siswa kelas VI C mengatakan pembelajaran kali ini sangat menarik dan menyenangkan. “Sangat seru! Saya dan anggota kelompok saya bersemangat saat mencocokkan kartu kalimat. Kami juga berhati-hati agar tidak tertukar dengan jawaban yang salah,” ujarnya antusias.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728