Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PERKUAT PEMAHAMAN GURU, MIN 11 HSS IKUTI SOSIALISASI DAN BIMTEK IKM


     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Zoom, Kamis (02/02/2023) di ruang kelas III A.

    Kepala Madrasah MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah mengungkapkan seluruh PTK di MIN 11 HSS dilibatkan pada kegiatan ini guna memantapkan pemahaman guru mengenai IKM yang mulai diterapkan di madrasah-madrasah secara bertahap. “Sebagai pendidik, guru harus selalu meningkatkan kemampuan diri menyesuaikan perkembangan zaman. Melalui kurikulum merdeka ini guru diberi ruang untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran agar dapat membentuk generasi terdidik yang siap menghadapi tantangan zaman,” tuturnya.

    Lebih lanjut Ma’shumah mengharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan bimtek ini,  madrasah menjadi lebih siap dalam menyongsong Kurikulum Merdeka. “Nantinya ketika seluruh warga madrasah telah siap, Kurikulum Merdeka dapat diterapkan di madrasah kita secara bertahap. Untuk itu diharapkan kerjasama yang baik. Tanpa peran guru dan semua pihak yang terlibat, Kurikulum Merdeka tidak dapat diimplementasikan secara optimal,” pungkas Ma’shumah.

    Kegiatan ini berlangsung secara daring selama tiga hari, mulai dari 2 Februari hingga 4 Februari. Pada hari pertama materi yang dipaparkan mengenai Pengantar IKM, Kebijakan IKM, dan Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM). Hari kedua mengenai Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar. Kemudian hari ketiga mengenai Best Practice Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil 'Alamin (P5 PPRA), dan Pendaftaran IKM melalui aplikasi PDUM.

    Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi KSKK Dr. Suwardi, M.Pd menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kebijakan Kemenag tentang IKM, menyamakan persepsi kepada seluruh warga madrasah mengenai IKM, dan meningkatkan semangat serta gairah warga madrasah dalam berinovasi dan berkreasi. “Jika seluruh warga madrasah telah memahami tentang IKM Insya Allah pelaksanaan IKM di madrasah dapat berjalan dengan optimal. Jika sudah optimal, diharapkan kualitas pembelajaran akan semakin baik,” ucapnya.

    Para peserta nampak antusias mengikuti terutama saat sesi tanya jawab dibuka. Di hari ketiga nanti, seluruh peserta akan diminta untuk mengumpulkan resume materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728