Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: GURU HARUS MEMILIKI SIFAT SABAR


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma’shumah menuturkan sebagai pendidik guru harus memiliki sifat sabar.

    Nabi Muhammad SAW sambungnya, sebagai suri tauladan umat muslim memiliki sifat-sifat mulia yang dapat dijadikan contoh. “Terutama dalam hal mendidik siswa, salah satunya adalah sifat beliau yang penyabar,” ujarnya menanggapi ceramah guru Khairaji mengenai meneladani akhlak mulia nabi Muhammad SAW pada acara Peringatan Isra dan Mi’raj sekaligus Haul Guru Sekumpul ke-18 oleh Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kecamatan Daha Selatan, Rabu (15/02/23).

    Ma’shumah menuturkan seorang guru harus sabar dalam mendidik siswa karena mereka memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda. “Ada yang pendiam, ada yang suka berbicara. Ada juga yang cepat memahami pembelajaran dan ada juga sebaliknya. Untuk itu sudah semestinya guru harus bersikap tenang dan sabar dalam menghadapi perbedaan-perbedaan siswanya itu,” jelasnya.

    Lebih lanjut Ma’shumah mengungkapkan kesabaran yang dimiliki seorang guru harus terus ditingkatkan meskipun itu tidak mudah. Karena dari sebuah kesabaran, tentu akan menumbuhkan hasil yang manis.

    “Sikap sabar dari seorang guru akan membuat siswa menjadi nyaman saat belajar. Pembelajaran yang nyaman dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dan memberikan kesan yang mendalam bagi siswa. Dengan demikian tujuan suatu pembelajaran akan dapat tercapai dengan maksimal,” pungkas Ma’shumah.

    Sebelumnya guru Khairaji menyampaikan dalam ceramahnya pada saat nabi Muhammad SAW belum ada, umat manusia penuh dengan kesesatan dan memiliki akhlak yang buruk. Kemudian beliau diutus untuk memperbaiki akhlak umatnya.

    “Berkat sifat beliau yang santun, rendah hati, lemah lembut, jujur, dan sabar, umat beliau terselamatkan dari kesesatan. Untuk itu mari kita terus memuliakan Nabi Muhammad SAW dengan menjadikan beliau suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

    Kegiatan dengan tema “Membangun Peserta Didik Berdasarkan Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW” ini dilaksanakan di MI Washliyatul Jannah dengan  dihadiri seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di lingkup kecamatan Daha Selatan. Turut hadir pula Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Madrasah dari Kantor Kemenag kabupaten HSS.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728