Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KEMBANGKAN KREATIFITAS, SISWA MIN 11 HSS BUAT KARYA SENI KOLASE

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Guna mengembangkan kreativitas siswa, guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) kelas II B Warida, S.Pd mengajarkan siswa membuat karya seni kolase dari biji-bijian, Senin (30/01/23) di ruang kelas II B.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Warida menjelaskan sebelumnya para siswa terlebih dahulu diminta membuat pola gambar di kertas dengan tema bebas untuk menjadi dasar acuan agar biji-bijian yang ditempel menjadi rapi dan bagus.

    “Karya seni ini mengedepankan unsur mudah dilakukan namun tetap berestetika tinggi. Bahan utamanya pun mudah didapatkan. Anak-anak saya minta membawa biji-bijian jenis apa saja yang ada di rumahnya. Mereka membawa biji jagung, biji labu, kacang hijau, beras, dan biji-bijian lainnya,” ungkapnya.

    Warida melanjutkan beberapa jenis biji-bijian telah siswa warnai di rumah. Sehingga saat di sekolah, mereka hanya tinggal menempel biji-bijian tersebut pada media kertas yang sudah dipola dan diberi kardus di belakangnya. Biji-bijian yang diberi warna bertujuan untuk menojolkan bagian kolase yang dianggap paling menarik.

    “Anak-anak diberi kebebasan untuk menggunakan berbagai macam biji-bijian yang berbeda pada satu kolase sesuai keinginan dan kreativitas mereka. Namun tetap diberi bimbingan agar komposisi kolase mereka tetap harmonis dan menarik. Setelah dinilai, nantinya hasil karya mereka akan dipajang di kelas,” pungkas Warida.

    Salah satu siswa kelas II B Muhammad Riduan merasa senang bisa membuat karya seni ini bersama-sama. Ia dan teman-temannya mengaku dengan tekun menempelkan biji-bijiannya sampai membentuk pola yang diinginkan. “Saya membuat kolase hewan yaitu kura-kura. Ada juga yang membuat tumbuh-tumbuhan, rumah, masjid, dan lain-lainnya,” ujarnya antusias.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728