Header Ads

ad728
  • Breaking News

    USTADZAH: UTAMAKAN KUALITAS SHOLAT DENGAN MEMPERHATIKAN RUKUN-RUKUNNYA

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – “Utamakan kualitas sholat dengan memperhatikan rukun-rukunnya,” ujar Ustadzah Izzati Iyali dalam Kajian Ilmu Fiqih hari ketujuh pada kegiatan Pesantren Ramadhan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (25/03/24) di MIN 11 HSS

    Izzati menuturkan rukun shalat adalah bacaan dan gerakan yang wajib dilakukan saat menjalankan shalat. "Terdapat 13 rukun shalat yang harus dipenuhi agar ibadah salat diterima di sisi Allah SWT," ungkapnya.

    Izzati menambahkan rukun dapat diartikan sebagai pilar, sehingga rukun salat adalah pilar-pilar yang membentuk shalat secara keseluruhan. Rukun shalat dilaksanakan dalam shalat fardhu maupun sunnah. “Shalat lima waktu adalah ibadah fardhu bagi setiap umat Islam, dan perintah wajibnya termaktub dalam Al-Qur'an serta hadits nabi,” tambahnya

    Selain itu Izzati mengatakan ketentuan waktu sholat wajib bagi seorang Muslim yang sudah baligh dan berakal adalah 5 waktu yakni, dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh. Shalat merupakan amalan ibadah yang sifatnya wajib bagi umat Islam. Bagi umat Muslim sendiri, shalat tidak hanya sekedar gerakan namun juga menjadi sebuah ibadah yang bisa memberikan rasa aman dan tenang pada hati dan pikiran. "Dengan demikian, jika shalat kita baik maka seluruh perbuatan kita juga akan baik. Gerakan shalat yang benar akan menyehatkan jasmani. Apalagi shalat dengan khusuk akan menyebabkan sehat jiwa, mental dan pikiran," pungkasnya.

    Izzati mengajak agar senantiasa menjaga dan berusaha agar dapat menunaikan shalat secara berjamaah seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728