Header Ads

ad728
  • Breaking News

    USTADZAH: JAGALAH KEBERSIHAN DIRI MELALUI ISTINJA DAN BERWUDHU

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Ustadzah Izzati Iyali dalam Kajian Ilmu Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) menjelaskan tentang tata cara menjaga kebersihan badan dalam mengisi kegiatan Ramadhan, Rabu (20/03/24) di dalam kelas MIN 11 HSS

    Menurut Izzati thaharah atau bersuci dalam Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting khususnya sebelum menunaikan ibadah shalat. "Thaharah memang sangat berkaitan dengan ibadah shalat sebagai salah satu syarat sah salat supaya diterima Allah SWT," ungkapnya

    Selanjutnya Izzati mengungkapkan kebersihan badan merupakan hal yang penting yang harus dijaga. "Dengan kondisi badan yang bersih kita akan menjadi lebih semangat dan percaya diri ketika bersosialisasi dengan orang lain. Diantara kebersihan badan yang perlu dijaga adalah kebersihan setelah buang air kecil dan air besar," jelasnya.

    Izzati juga mengatakan Istinja adalah membersihkan sesuatu (najis) yang keluar dari qubul atau dubur menggunakan air atau batu yang telah ditentukan sesuai syariat Islam. Sedangkan Wudhu merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh muslim sebelum mereka melaksanakan sholat. "Dalam Islam, manfaat air wudhu sendiri menghilangkan hadast besar dan hadast kecil agar dalam melaksanakan ibadah sholat dalam keadaan suci dan bersih" ujarnya.

    Selain itu juga Izzati berharap siswa dapat menerapkan segala yang sudah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. “Alhamdulillah, senang rasanya melihat para siswi MIN 11 HSS yang selalu semangat mengikuti kajian ilmu fiqih,” ucapnya.

     

    (Rep: Mudzalifah / Ft: Nor Maulida)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728