Header Ads

ad728
  • Breaking News

    USTADZAH: TANAMKAN SIFAT NABI DALAM DIRI

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Ustadzah Izzati Iyali dalam Kajian Ilmu Fiqih pada kegiatan Pesantren Ramadhan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) menjelaskan tentang pentingnya meneladani sifat para Nabi, Sabtu (23/03/24) di ruang kelas.

    Izzati mengatakan ada 25 Nabi dan Rasul yang dipilih langsung oleh Allah SWT untuk menjadi Khalifah di bumi. Mereka dipilih oleh Allah SWT untuk menjadi panutan bagi umat manusia, terutama umat Islam. "Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui, yaitu Nabi Adam AS, Nabi Idris AS, Nabi Nuh AS, Nabi Hud AS, Nabi Saleh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Luth AS, Nabi Ya’qub AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Syu’aib AS, Nabi Ayyub AS, Nabi Dzulkifli AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Ilyas AS, Nabi Ilyasa AS, Nabi Yunus AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW," sebutnya.

    Selanjutnya Izzati menjelaskan sebagai seorang Muslim, kita semua tahu bahwa ada 4 sifat baik yang ada pada diri Nabi. Sifat itu di antaranya: sidik, amanah, fathonah, dan tablig. "Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas. Sifat-sifat inilah yang harus kita terapkan di kehidupan sehari-hari agar dapat membangun hubungan yang harmonis dengan sesama manusia," tuturnya.

    Izzati menmbahkan pada hari keenam dalam kegiatan ini, tema kajiannya adalah rukun iman. "Rukun Iman ada 6 yang wajib diimani oleh setiap muslim, salah satunya adalah iman kepada para Rasul," ujarnya.

    Di akhir, Izzati mengingatkan sebagai umat Islam wajib bagi kita saling mengingatkan dan berlomba-lomba dalam kebaikan. “Mari kita saling mengingtakan, tujuannya yakni untuk meningkatkan iman dan takwa, serta amar ma'ruf nahi munkar,” ucapnya.

    Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H di MIN 11 HSS yang diikuti oleh siswa kelas tinggi, yaitu kelas IV, V, dan VI dimulai dengan mengerjakan sholat Dhuha terlebih dahulu, pembacaan surah-surah pendek dan shalawat, baru dilanjutkan pemberian materi.

     

    (Rep: Mudzalifah / Ft: Nor Maulida)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728