Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS TINGKATKAN KREASI PEMBELAJARAN SENI RUPA 3 DIMENSI

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kelas IV B melaksanakan kegiatan pembelajaran Seni Rupa melalui kreasi 3 dimensi, Jumat (06/10/23) di ruang kelas.

    Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) adalah mata pelajaran yang mencakup materi kesenian, kebudayaan, dan keterampilan. Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran seni rupa pada materi SBdP menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

    Wali kelas IV B Khalisah, S.Pd memaparkan karya tiga dimensi merupakan karya yang dapat dilihat lebih dari dua sisi. Dalam pembuatan karya seni rupa tersebut, para siswa cukup menyiapkan gunting dan lem kertas. Sedangkan media pembelajarannya telah disiapkan oleh guru.

    "Jenis media pembelajaran seni rupa tersebut yakni kupu-kupu dan lebah yang seolah-olah berada di atas kumpulan bunga. Para siswa laki-laki mendapatkan jenis lebah, sedangkan siswa perempuan mendapatkan jenis kupu-kupu," ungkapnya.

    Lebih lanjut Khalisah menjelaskan, setelah media pembelajaran berbentuk kertas sketsa lebah dan kupu-kupu dibagikan, para siswa kemudian mewarnainya sesuai kehendak mereka.

    "Lalu dipotong sesuai bentuk yang telah ditentukan pada media pembelajaran tersebut. Kemudian langkah terakhir bentuk lingkaran seperti cincin untuk merekatkan antara hewan tersebut dengan kumpulan bunga," jelas Khalisah.

    Salah satu siswa kelas IV B Ahmad Hudzaifi merasa senang karena bisa menghasilkan karya dari diri sendiri. "Saya memberi warna yang beragam dengan warna lebah yang lebih mencolok," ujarnya antusias.

    Untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran SBdP maka diperlukan seorang guru yang kreatif dan inovatif, fasilitas madrasah yang memadai, serta dukungan dari orang tua siswa.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728