Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: TERUS TINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SEBAGAI PENDIDIK

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma'shumah menuturkan seorang guru harus terus meningkatkan kompetensi sosialnya.

    Sebagai pendidik sambungnya, guru setidaknya memilik 4 kompetensi, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pada kompetensi sosial, guru diharuskan menjalin hubungan yang baik dengan warga madrasah, para kolega sesama guru, dan masyarakat luas.

    "Kompetensi sosial ini menyangkut kemampuan berkomunikasi guru terutama dalam hal peningkatan mutu pembelajaran. Seperti mengkomunikasikan kendala yang dialami saat mengajar kepada teman sejawat agar solusinya dapat dicari bersama-sama," ujarnya menanggapi pesan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten HSS H. Rusmadi, S.Ag.,S.Pd.I,.M.M. tentang memanfaatkan keberadaan KKG dengan baik pada acara Pengukuhan Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Kecamatan Daha Selatan periode 2023-2026, Kamis (12/10/23) di MIN 14 HSS.

    Lebih lanjut Ma'shumah mengatakan, bertepatan dengan dibentuknya pengurus baru KKG MI dan bergabungnya beberapa guru MIN 11 HSS di dalamnya, diharapkan guru MIN 11 HSS memanfaatkan hal ini sebagai tempat bersosialisasi dan meningkatkan keterampilan mengajarnya.

    "Bisa melalui diskusi saat rapat KKG atau dengan mengikuti program maupun pelatihan yang diadakan oleh KKG. Karna semakin berkualitas seorang guru, maka akan menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas juga", pungkas Ma'shumah.

    Sebelumnya Rusmadi menyampaikan dalam sambutannya agar para guru menjadikan KKG sebagai fasilitator pengembangan kompetensi guru. "KKG dapat menjadi tempat berbagi, diskusi dan solusi serta evaluasi untuk setiap kegiatan proses pembelajaran demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan," sebutnya.

    Rusmadi menginginkan para guru khususnya guru pada jenjang MI terus memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam memajukan pendidikan di HSS. "Melalui guru tingkat MI, para siswa mendapat bekal untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Jika dasar atau pondasinya kuat maka ke tingkat selanjutnya akan lebih siap dan matang," ucapnya.

    Selain dihadiri oleh Ka.Kankemenag Kab. HSS, acara Pengukuhan KKG-MI sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H ini juga dihadiri oleh Kasi Pendmad, Kasi PD dan Pontren, Pengawas Madrasah, Pengawas PAI, Kepala Madrasah, dan PTK tingkat MI yang ada di Kec. Daha Selatan.

     

    (Rep/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728