Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS OPTIMALKAN MENGHAFAL PERKALIAN DENGAN PEMBIASAAN LITERASI NUMERASI MELALUI METODE TEKNIK JARI

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Atikah, S.Pd melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika dengan mengoptimalkan literasi numerasi pembiasaan menghafal perkalian melalui metode teknik jari, Selasa (03/10/23) di ruang kelas madrasah.

    Di MIN 11 HSS sendiri setiap pagi hari rutin dilakukan kegiatan literasi perkalian yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menghafal perkalian siswa. Penerapan pembiasaan literasi perkalian ini dilakukan 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

    Atikah menuturkan pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang membutuhkan pemahaman, ketelitian dan konsentrasi.

    "Keterampilan menghafal perkalian sejauh ini masih perlu peningkatan. Hal ini terlihat saat guru memberikan pertanyaan maupun tanya jawab tentang perkalian dasar, ada siswa yang masih kebingungan bahkan sulit menyampaikan hasil yang ditanya guru," ungkapnya.

    Atikah menambahkan, pembiasan yang dilakukan adalah siswa diajak mengucapkan perkalian secara bersama-sama di dalam kelasnya dengan menggunakan metode teknik jari yang telah diajarkan.

    "Pada awalnya siswa masih kesulitan menghafal perkalian. Namun, setelah dilakukan pembiasaan, siswa sedikit demi sedikit menjadi lebih hafal. Agar hafalannya lebih melekat, masing-masing siswa diwajibkan untuk menyetor hafalan perkalian kepada guru kelasnya," pungkas Atikah.

    Siswa kelas 5B, Muhammad Al-Ihya merasa senang karena berkat kebiasaan ini membuatnya lebih mudah mengingat hafalan perkaliannya. "Selain itu, dapat membantu mempermudah saya dalam pembelajaran Matematika," ujarnya antusias.

    Melalui pembiasaan menghafal perkalian ini, diharapkan dapat memotivasi siswa agar lebih semangat dalam berliterasi numerasi.

     

    (Rep: Mudzalifah / Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728