Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MENGENAL SEJARAH WALISONGO, SISWA MIN 11 HSS BUAT POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SKI

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Mata Pelajaran SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Normawati, S.Pd.I bersama siswa melakukan kegiatan pembuatan poster Wali Songo, Jumat (13/10/23) di ruang kelas.

    Pada pembelajaran SKI disebutkan, agama Islam menjadi populer dan besar namanya di Nusantara tidak lepas dari peran Wali Songo.

    Normawati menjelaskan Wali Songo adalah sebutan bagi sembilan orang wali yang berperan menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    "Metode dakwah mereka yang lembut, damai, dan tanpa unsur paksaan membuat masyarakat Jawa bisa menerima kehadiran Wali Songo dan ajaran Islam secara sukarela," ujarnya.

    Untuk mempermudah pemahaman siswa mengenai materi ini, Normawati mengajak siswa untuk bersama-sama membuat poster. Ia mengarahkan siswa untuk menyiapkan kertas karton dan foto Wali Songo dalam bentuk print out.

    "Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian mereka nanti menempelkan para Wali Songo berdasarkan urutan dan sejarahnya. Setelah itu mereka secara bergiliran mempresentasikan poster karya mereka," tutur Normawati.

    Menurut Nadia Fitria, salah satu siswa kelas VI pembelajaran SKI dengan membuat poster sangat memudahkannya untuk mengingat sejarah para Wali Songo. "Dengan poster, kami juga dapat membedakan para wali dan perannya dalam penyebaran agama Islam," ucapnya.

    Melalui pembelajaran SKI ini, diharapkan para siswa dapat menjadikan sifat Wali Songo sebagai suri tauladan dan lebih menghargai arti perjuangan, membuat diri kita selalu bersyukur, bersabar, serta pantang menyerah.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728