Header Ads

ad728
  • Breaking News

    LAKUKAN AKSI P5, SISWA MIN 11 HSS MEMILAH SAMPAH DI LINGKUNGAN MADRASAH

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kelas IV C Khalifah, S.Pd. melaksanakan kegiatan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengajak siswa mengumpulkan dan memilah sampah yang ada di lingkungan madrasah, Sabtu (07/10/23).

    Para siswa harus memiliki kesadaran dan sikap yang bijak dalam masalah sampah sejak dini untuk membantu mengurangi dampak buruk sampah yang ada di sekitar lingkungan madrasah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan aksi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya.

    Khalifah menuturkan pemilahan merupakan kegiatan memisahkan menjadi beberapa kelompok, dalam hal ini adalah sampah. Kemudian sampah tersebut ditempatkan dalam wadah yang berbeda. "Secara umum, sampah terbagi dalam dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik," ujarnya.

    Lebih lanjut Khalifah menjelaskan sampah organik merupakan sampah yang bisa di uraikan secara alami oleh lingkungan. Contohnya seperti daun kering, sisa makanan, kulit buah, ranting pohon, kertas dan lain-lain.

    "Sedangkan, sampah anorganik merupakan sampah yang sulit diuraikan secara alami hingga membutuhkan waktu yang lama. Seperti plastik, botol plastik, kaleng, botol beling dan lain-lain," sebutnya.

    Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah  mendukung penuh kegiatan aksi P5 di lingkungan madrasah. Beliau berpesan agar selalu menjaga lingkungan madrasah tetap nyaman dan asri. Karena kebersihan juga sebagian dari Iman.

    "Semoga dengan adanya kegiatan ini, para siswa menjadi lebih peduli dengan lingkungan madrasah dan dapat menjadi pemecah berbagai masalah yang ada di lingkungannya," harapnya.

    Ma`shumah menghimbau para siswa untuk membawa botol air minum sendiri dari rumah untuk mengurangi penggunaan botol plastik.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728