Header Ads

ad728
  • Breaking News

    LAKSANAKAN BIMTEK IKM, KAMAD: TERUS TINGKATKAN KUALITAS SEBAGAI PENDIDIK

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Kamis (03/08/23) di ruang kelas.

    Bimtek resmi dibuka Kepala Madrasah MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah yang disambutannya mengungkapkan saat ini kurikulum merdeka akan diterapkan di kelas I dan IV.

    "Persiapan dalam mengimplementasikan kurikulum ini sudah dilakukan. Baik itu persiapan para tenaga pendidik maupun sarana dan prasarana penunjangnya," sebutnya.

    Ma`shumah melanjutkan, meskipun baru diterapkan di kelas I dan IV, semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) juga diharuskan mengikuti bimtek ini. "Sebagai pendidik, guru harus meningkatkan kualitas diri. Salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan terkait IKM yang sedang dihadapi," ujarnya.

    Ma`shumah mengharapkan PTK MIN 11 HSS menjadi lebih siap dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang didapat saat menerapkan IKM di madrasah. Di akhir sambutannya, Ma`shumah memperkenalkan narasumber bimtek Mahyuni, S.Pd.I dari MTsN 11 HSS yang telah melaksanakan IKM sejak tahun ajaran sebelumnya.

    Mahyuni memaparkan sebagai pendidik, guru harus siap menerima perubahan di dalam dunia pendidikan, termasuk perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka.

    "Melalui kurikulum baru ini guru diberi ruang untuk berkreasi dan kebebasan untuk memilih perangkat ajar menyesuaikan kebutuhan serta minat siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan optimal," jelasnya.

    Selain tujuan kurikulum merdeka, Mahyuni juga menyampaikan bagaimana perencanaan dan pengembangan modul ajar, serta tahap-tahap pelaksanaan praktek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamiin (P5-PPRA) di madrasah.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Arif)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728