Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: UTAMAKAN BELAJAR AKHLAK DAN ADAB KEPADA GURU

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma`shumah pinta siswa agar mengutamakan belajar tentang akhlak dan adab kepada guru serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Dalam menuntut ilmu sambungnya, terlebih dahulu siswa harus menghormati sumber ilmu itu sendiri, yaitu para guru. Ada banyak ilmu yang diajarkan guru kepada siswanya, di antaranya adalah ilmu tentang akhlak dan adab siswa kepada guru. 

    "Salah satu kewajiban siswa adalah memiliki akhlak baik serta tahu bagaimana bersikap terhadap gurunya agar ilmunya berguna dan mendatangkan keberkahan," ujarnya menanggapi amanat dari ustadz H. Abdul Adzim mengenai menuntut ilmu yang hukumnya fardhu `ain yang disampaikan pada upacara bendera, Senin (14/08/23).

    Lebih lanjut Ma`shumah menuturkan selain kecerdasan intelektual, siswa juga harus memiliki kecerdasan emosional. Salah satu contoh siswa memiliki kecerdasan emosional adalah memiliki akhlak dan adab yang baik terhadap guru.

    "Bersikap baik terhadap guru atas ilmu yang diberikan tidak harus dengan memberi hadiah atau pujian setiap saat. Bisa dilakukan dengan menyimak dengan baik ilmu yang disampaikan, menyapa guru ketika bertemu, dan mendo`akan guru," jelasnya.

    Sebelumnya ustadz Adzim menyampaikan dalam amanatnya menuntut ilmu mengenai cara beribadah, akhlak, dan tauhid hukumnya fardhu `ain artinya merupakan kewajiban setiap individu. Menurutnya guru merupakan orang berilmu yang harus dihormati dan dihargai selagi apa yang disampaikannya merupakan kebenaran dan sesuai dengan ajaran Rasulullah.

    "Tanpa adanya guru kita tidak tahu bagaimana cara beribadah kepada Tuhan, tidak tahu bagaimana bersikap terhadap sesama manusia dan makhluk Allah lainnya. Maka dari itu bersikap baiklah terhadap guru agar dimudahkan Allah dalam menyerap ilmu-ilmu yang disampaikan oleh guru," pesannya.

    Upacara Bendera setiap hari Senin dilaksanakan secara gabungan dengan diikuti seluruh siswa-siswi serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP).

     

    (Rep/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728