Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS SUNGAI PINANG GELAR PENYULUHAN HPV

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Pinang menggelar penyuluhan Human Papillomavirus (HPV), Selasa (29/08/23) di ruang kelas.

    Kegiatan ini ditujukan untuk orangtua atau wali siswi kelas V agar memiliki pemahaman yang cukup mengenai HPV. Salah satu petugas kesehatan Puskesmas Sungai Pinang Hj. Mahdiah, A.Md.Kep menerangkan, HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi di permukaan kulit, serta berpotensi menyebabkan kanker leher rahim atau kanker serviks.

    "Infeksi HPV ini dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV. Vaksin HPV diberikan sebanyak 2 kali dalam seumur hidup. Dosis pertama saat kelas V, dosis kedua nanti saat kelas VI," jelasnya.

    Lebih lanjut Mahdiah mengungkapkan vaksinasi HPV merupakan program pemerintah. Karna itu setiap pemberian vaksin HPV tidak dipungut biaya apapun."Untuk itu mari kita lakukan pencegahan sedini mungkin agar anak-anak perempuan kita terhindar dari kanker serviks," ajaknya. 

    Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah menyambut baik kedatangan petugas Puskesmas Sungai Pinang dan mendukung penuh kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya penyuluhan mengenai HPV dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan orangtua atau wali siswa terhadap kesehatan organ reproduksi anaknya.

    "Vaksinasi akan dilakukan hari Jum`at nanti. Untuk itu diharapkan kerjasama orangtua agar menjaga kesehatan para siswi menjelang vaksinasi. Semoga vaksinasi nanti berjalan dengan lancar dan semoga ikhtiar ini dapat melindungi siswi kita dari bahaya kanker serviks," harap Ma`shumah.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Nor Maulida)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728