Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU MENGENAL BAGIAN TUMBUHAN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Husnul Khatimah, S.Pd melaksanakan kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan mengamati bagian-bagian tumbuhan, Rabu (09/08/23) di kelas IV A.

    Menurut Husnul, kegiatan pembelajaran IPAS perlu pengamatan secara langsung terkait materi bagian tumbuhan. Hal ini bertujuan untuk mengenal keberagaman tumbuhan di sekitar rumah. "Siswa diminta mencari tumbuhan bersama teman kelompoknya sebelum kegiatan presentasi dilakukan," ungkapnya.

    Lebih lanjut Husnul menjelaskan, mulanya guru membagi siswa ke dalam berbagai kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 siswa. Setiap kelompok mendeskripsikan bagian-bagian tumbuhan yang telah diamati.

    "Deskripsi sedikitnya memuat jenis dan fungsi akar tumbuhan. Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergiliran," terang Husnul.

    Salah satu siswa kelas IV A, Helma Lida merasa puas dan lebih paham dalam belajar karena dapat merasakan dan menemukan sendiri jawaban atas rasa ingin tahunya. "Yang tadinya hanya melihat dibuku, melalui kegiatan ini kami dapat melihat secara langsung," ujarnya antusias.

    Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat berperan aktif dalam proses pengamatan dan menyampaikan pendapat terhadap apa yang telah diamatinya.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728