Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Tampil Memukau Pada Khataman Al-Quran Tingkat Kecamatan


    Negara - MIN Habirau Tengah, Salah satu agenda tahunan untuk menutup Tahun Pelajaran bagi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) se kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah dengan menggelar Khataman Alquran Massal. Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Perda (Peraturan Daerah) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Nomor 21 Tahun 2005 tentang ketentuan khatam Alquran pada pendidikan dasar dan menengah.

    Kamis (05/06/14), khataman tersebut dilaksanakan di Mesjid Besar Al-Ihya Desa Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan. Bagi MIN Habirau Tengah, khataman tahun ini terasa spesial dan berbeda, bukan hanya lantaran tempat pelaksanaan mengambil tempat di masjid lingkungan madrasah. Namun siswa-siswanya mendapatkan kepercayaan untuk tampil mengisi acara.
    \
    Pada perhelatan akbar ini, dari 23 imamah yang akan memimpin khataman terdapat 4 siswa MIN Habirau Tengah, yang mana jumlah ini merupakan paling banyak jika dibandingkan dari sekolah lain. Pasalnya untuk terpilih menjadi imamah tidaklah mudah dan harus melalui proses seleksi. Siswa tersebut adalah Muhammad Yasir, Khalifah Ervina, Khusnul Khatimah dan Risqa Fitria.

    Tidak hanya itu kelompok habsy yang digawangi Muhammad Sultan Maulana dan kawan-kawan dipercaya untuk mengisi acara pembukaan. Tampil dengan begitu apik membuat para peserta khataman hanyut dengan lantunan syair-syair maulid habsy begitu membahana merdu memenuhi ruang induk masjid kebanggaan Komplek Pendidikan Islam Parigi tersebut. Serta penampilan memukau dari siswi kelas VI B, Hafizatunnisa sebagai Sari Tilawah.

    Acara yang diikuti sebanyak sebanyak 934 siswa, dengan rincian 700 siswa dari 37 SD dan 234 siswa dari 6 MI ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS mewakili Bupati HSS, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. HSS yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kab. HSS, Camat Daha Selatan, Camat Daha Barat, Muspika Kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Daha Selatan, Ketua MUI Kecamatan Daha Selatan, Pengawas Pendais dan Pengawas Sekolah SD serta guru-guru Madrasah Ibtidayah dan Sekolah Dasar se Kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat.

    Ditemui usai acara wakamad MIN Habirau Tengah Jastan S.Pd.I mengungkapkan kegembiraannya melihat anak didiknya sukses menjalankan tugas dengan baik. “Sebagai tuan rumah, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Dan Alhmadulillah kami bersyukur anak-anak menjalankan tugas dengan baik. Ini jelas membuat kami bangga dan senang” ujar wali kelas VI A ini.

    (Rep/Ft : Tsanwari)

    SEBAGIAN DOKUMENTASI



    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728