Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN Habirau Tengah Ikuti Khataman Al-Quran Tingkat Kecamatan


    Negara - MIN Habirau Tengah, Siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Habirau Tengah yang berjumlah 69 siswa mengikuti khataman massal Alquran bagi murid kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) se kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Khataman tersebut dilaksanakan bertempat di Masjid Besar Al-Ihya Desa Habirau Tengah, Kamis (05/06/14). 

    Kegiatan yang bertemakan “Dengan Semangat Membaca Al-Qur’an Menjadikan Anak-Anak Yang Qur’ani Dan Berkarakter”, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS mewakili Bupati HSS, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. HSS yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kab. HSS, Camat Daha Selatan, Camat Daha Barat, Muspika Kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Daha Selatan, Ketua MUI Kecamatan Daha Selatan, Pengawas Pendais dan Pengawas Sekolah SD serta guru-guru Madrasah Ibtidayah dan Sekolah Dasar se Kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat.

    Ketua panitia pelaksana H.M. Jaferi Fakhri, S.Pd.I mengatakan peserta khataman adalah siswa kelas VI MI dan SD se Kecamtan Daha Selatan dan Daha Barat tahun pelajaran 2013/ 2014 yang telah khatam Al Quran yang berasal dari 42 sekolah. Jumlah peserta sebanyak 934 siswa, dengan rincian 700 siswa dari 37 SD dan 234 siswa dari 6 MI. 

    Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana, H.M. Jaferi Fakhri, S.Pd.I mengharapkan kepada para peserta khataman agar jangan berhenti untuk mempelajari Alquran, akan tetapi hendaknya  terus dipelajari beserta terjemahnya sehingga pada tahap selanjutnya apa yang terkandung dalam Alquran bisa diamalkan untuk mencapai kebahagian dunia maupun kehidupan akhirat. 

    “Khatam Alquran ini juga merupakan amanat dari perda (Peraturan Daerah) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Nomor 21 Tahun 2005 tentang ketentuan khatam Alquran pada pendidikan dasar dan menengah. Yang mempunyai tujuan untuk mencetak anak yang tidak hanya mampu membaca alquran dengan fasih, namun juga mampu menulis, memahami serta mengamalkan isi kandungan Alquran”, ujar Kepala MIN Baruh Jaya tersebut dihadapan peserta khataman.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala MIN Habirau Tengah Dra. Hj. Ma’shumah di sela-sela acara. “Sebelum kami ke sini (masjid), kami kembali mengingatkan siswa agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Karena acara ini sungguh sangat sakral. Mudah-mudahan acara seperti ini menjadi momentum untuk melahirkan generasi yang qurani dan berkarakter. Dimana anak-anak tidak hanya mampu membaca namun juga mampu untuk memahami serta mengamalkan isi dari kandungan Alquran tersebut”, tuturnya.

    Puncak acara sebanyak 23 imamah anak-anak dari berbagai sekolah/madrasah memimpin khataman Alquran massal ini. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an begitu membahana merdu memenuhi ruang induk masjid kebanggaan Komplek Pendidikan Islam Parigi tersebut.

    Pada sesi terakhir Kepala Dinas Pendidikan Kab. HSS  Nordiansyah, S.Sos., M.Si. berkesempatan membacakan sambutan tertulis dari Bupati HSS. Dan selanjutnya sebelum acara ini resmi ditutup peserta khataman disuguhi penampilan menarik da’iah cilik dari siswi MIN Baruh Jaya, Sarah yang membawakan tausyiah agama dengan apik dan gaya khasnya.

    (Rep/Ft : Tsanwari)

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728