Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS LAKUKAN PERCOBAAN MENGAMATI PROSES FOTOSINTESIS MATERI IPAS KURIKULUM MERDEKA


     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kelas IV C melaksanakan kegiatan percobaan mengamati proses fotosintesis di halaman madrasah, Selasa (26/09/2023).

    Proses tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari disebut dengan proses fotosintesis.

    Wali kelas IV C Khalifah, S.Pd mengungkapkan hari ini dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), siswanya belajar melakukan pengamatan terhadap fotosintesis tumbuhan. Untuk melakukan kegiatan ini, para siswa memerlukan bahan seperti mangkok, daun segar dan air bening.

    "Langkahnya sebagai berikut. Pertama, memetik daun yang segar yang ada di halaman sekitar madrasah. Lalu masukkan daun segar tersebut ke dalam mangkok yang disiapkan tadi. Kemudian, isilah gelas berisi daun segar tersebut dengan air bening, hingga daun itu terendam seluruhnya. Selanjutnya, letakkan mangkok berisi air dan daun tersebut di bawah sinar matahari. Terakhir, diamkan selama 15-30 menit, dan amatilah apa yang akan terjadi pada daun," jelas Khalifah.

    Setelah melakukan pengamatan, berdiskusi, dan mencatat hasil pengamatannya, siswa diminta kembali ke kelas. "Di dalam kelas siswa melakukan presentasi dan membahas bersama-sama hasil pengamatannya tadi," tuturnya.

    Siswa kelas IV C, Muhammad Mundzir merasa antusias dengan kegiatan pembelajaran hari ini. "Pembelajarannya menyenangkan karna bisa melakukan pengamatan langsung," ujarnya.

     

    Ref/Ft : Mudzalifah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728