Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: GURU HARUS BERSEMANGAT DAN TIDAK MUDAH MENYERAH DALAM BELAJAR TEKNOLOGI BARU


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Guru harus menguasai teknologi terkini," ucap Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) wilayah Kecamatan Daha, Hasan, S.Pd.I M.Pd.I saat memberikan sambutan pada acara rapat Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Daha Selatan, Sabtu (16/09/23) di MIN 11 Hulu Sungai Selatan (HSS).

    Pada era sekarang ini lanjutnya, manusia tidak terlepas dari penggunaan teknologi, termasuk dalam dunia pendidikan. Ada 4 kompetensi yang harus ada pada diri seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan individual.

    "Dalam kompetensi pedagogik, seorang guru harus bisa memanfaatkan teknologi, baik dalam urusan administrasi maupun dalam proses belajar mengajar," sebutnya.

    Menurut Hasan guru harus dapat mengiringi teknologi yang terus berkembang. Pengetahuan yang didukung oleh teknologi dapat memaksimalkan tugas guru sebagai pendidik.

    "Ilmu tentang penerapan teknologi dalam belajar mengajar dapat dengan mudah diakses di platform digital, contohnya seperti youtube. Bisa juga didapat dengan mengikuti pelatihan-pelatihan," ungkap Hasan.

    Menanggapi hal tersebut, Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma`shumah berpesan agar guru bersemangat dan tidak mudah menyerah saat belajar teknologi baru. "Ketika sudah menguasai teknologi, pekerjaan guru akan jauh lebih mudah. Terutama saat mengajar di kelas," ujarnya.

    Lebih lanjut Ma`shumah menuturkan dengan pemanfaatan teknologi, pembelajaran yang interaktif dan inovatif dapat diwujudkan. "Agar siswa tidak jenuh, guru bisa berkreasi melalui power point yang menarik atau melalui video pembelajaran yang berisi penjelasan lengkap. Dengan begitu ilmu yang diberikan dapat diserap siswa dengan mudah," pungkas Ma`shumah.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Riswan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728