Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PRAKTEK P5-PPRA, SISWA MIN 11 HSS BERKREASI DARI BOTOL BEKAS

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Praktek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5-PPRA), siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) hasilkan karya dari botol bekas, Kamis (07/09/23) di ruang kelas IV A.

    Wali kelas IV A Husnul Khatimah, S.Pd. menjelaskan ciri khas dari P5-PPRA adalah membentuk siswa yang berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, berliterasi informasi, berketakwaan, berakhlak mulia, dan moderat dalam keagamaan.

    "Melalui praktek ini, diharapkan siswa dapat menjadi sosok pemecah masalah di lingkungan sekitarnya khususnya untuk masalah sampah," ucapnya.

    Menurut Husnul untuk memerangi masalah sampah bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti mengolah sampah tersebut menjadi barang berguna.

    "Sebelumnya siswa diberi pengetahuan mengenai bahaya sampah yang dibiarkan menumpuk. Kemudian mereka mengumpulkan sampah yang akan diolah, dalam hal ini adalah botol bekas. Setelah mendapatkan konsep pengolahan, mereka secara kolaborasi membuat kerajinan dari botol bekas tersebut," ungkapnya.

    Lebih lanjut Husnul menuturkan karya yang dihasilkan siswa dari proyek ini bervariasi, mulai dari tempat pensil, tabungan, hingga hiasan bunga. "Karya-karya mereka akan dipajang di dalam kelas. Dengan adanya proyek ini, para siswa telah berkontribusi menanggulangi masalah sampah di sekitar mereka," pungkas Husnul.

    Salah satu siswa kelas IV A Zahirah Fairuz mengaku senang bisa membuat kerajinan yang berguna dari sampah. "Saya membuat hiasan bunga untuk meja guru. Selain membantu mengurangi sampah, kami juga ingin menjadi siswa yang peduli dan cinta kebersihan," ujarnya antusias.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Husnul)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728