Header Ads

ad728
  • Breaking News

    BIAS, MIN 11 HSS LAKSANAKAN IMUNISASI CAMPAK DAN HPV

     


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Pinang melaksanakan imunisasi campak dan Human Papillomavirus (HPV), Jum`at (08/09/23) di ruang kelas.

    BIAS bertujuan untuk meningkatkan perlindungan anak terhadap penyakit campak dan kanker serviks. Salah satu petugas Puskesmas Sungai Pinang Hj. Mahdiah, A.Md.Kep menerangkan program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia SD/MI terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

    "Karna itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulang pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS. Karna merupakan program pemerintah, imunisasi ini tidak dipungut biaya apapun," ungkapnya.

    Lebih lanjut Mahdiah mengungkapkan sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas I dan kelas V. "Untuk anak-anak kelas I diberikan imunisasi campak dan untuk anak-anak perempuan kelas V diberikan imunisasi HPV untuk pencegahan dini dari kanker serviks," sebutnya.

    Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah yang ikut mendampingi kegiatan ini mendukung penuh program BIAS. Ia berharap melalui imunisasi ini para siswa memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit campak dan kanker serviks.

    "Terima kasih kepada Puskesmas Sungai Pinang atas pelayanannya dan juga telah menjadi mitra MIN 11 HSS dalam mensukseskan perlindungan terhadap kesehatan siswa kami," ucapnya.

    Sebelumnya MIN 11 HSS bersama Puskesmas Sungai Pinang telah sukses mengadakan penyuluhan kepada orangtua/wali siswi kelas V mengenai HPV dan pencegahannya.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Arif)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728