Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MIN 11 HSS LAKSANAKAN PEMBELAJARAN P5 DENGAN VIDEO ANIMASI EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Kelas I dan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan video animasi edukasi peduli lingkungan Sabtu (23/09/23), di ruang kelas MIN 11 HSS.

    P5 Kurikulum Merdeka adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar. Tahun pelajaran 2023/2024 merupakan tahun pertama bagi MIN 11 HSS melaksanakan kegiatan P5, dimulai dari kelas I dan kelas IV.

    Wali kelas I C Haliah, S.Pd memaparkan untuk pembelajaran P5 pada semester ini bertema Gaya Hidup Berkelanjutan, begitu juga dengan tema kelas IV.

    Menurut Halidah, dalam pembelajaran P5 ini, dimulai dengan siswa menyimak video yang diberikan  guru tentang mengamati sampah yang ada di sekitar. “Informasi yang disampaikan melalui tayangan video animasi tersebut bertujuan agar mereka dapat mengetahui lingkungan yang sehat dan bersih, juga dapat memilah sampah berdasarkan jenisnya. Serta sampah yang dapat didaur ulang dengan pengelolaan yang tepat," tutur Haliah.

    Selain itu wali kelas IV A Husnul Khatimah, S.Pd mengungkapkan setelah video selesai, siswa diminta menjawab pertanyaan dari guru untuk menjelaskan secara detail mengenai lingkungan bersih dan sehat, serta jenis sampah yang ditampilkan secara singkat di dalam video tersebut.

    "Berbagai solusi pengelolaan sampah yang tepat turut dijelaskan dalam video animasi tersebut. Di antaranya program pengurangan sampah, penggunaan kembali dan daur ulang (reduce, reuse, and recycle)," jelas Husnul.

    Rieka Aulia, salah siswa kelas IV C mengaku antusias dan tergerak hatinya untuk ikut andil dalam menanggulangi masalah sampah. "Mungkin bisa dimulai dari diri saya sendiri seperti membiasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

    Sejatinya, karakter kepedulian terhadap masalah sampah harus diperkenalkan sejak dini kepada siswa sebagai generasi penerus agar terbentuk pribadi yang cinta lingkungan.

     

    (Rep: Mudzalifah / Ft: Arif)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728