Header Ads

ad728
  • Breaking News

    TINGKATKAN KREASI SENI RUPA, SISWA MIN 11 HSS BUAT TOPENG NUSANTARA

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) –  Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kelas IV B Khalifah, S.Pd.  melaksanakan kegiatan pembelajaran Seni Rupa dengan mengajak siswa membuat topeng nusantara, Rabu (01/11/23) di ruang kelas.

    Khalifah menjelaskan topeng merupakan salah satu bentuk karya seni. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah sebuah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis.

    "Dalam pembelajaran, topeng sebagai karya seni rupa dan karya seni tradisional bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya. Topeng masih dihasilkan oleh beberapa daerah di Indonesia," jelasnya.

    Lebih lanjut Khalifah menerangkan dalam kegiatan pembelajaran ini para siswa menyiapkan alatnya berupa pewarna, bisa itu pensil warna, crayon, atau spidol. Lalu gunting, gelang karet, kardus bekas, dan lem perekat. Sedangkan sketsa topeng sendiri telah disiapkan oleh guru.

    "Para siswa selanjutnya mengikuti arahan guru sampai terbentuknya topeng yang diinginkan. Diawali dengan mewarnai sketsa topeng, lalu digunting sisi tepinya. Selanjutnya sketsa topeng dilapisi dengan kardus bekas menggunakan lem perekat. Kemudian, telinga topeng tersebut dikasih lubang untuk dimasukkan gelang karet di dalam telinganya," tambahnya.

    Khalifah berharap melalui kegiatan ini dapat merangsang kreativitas siswa sehingga dapat menimbulkan minat siswa terhadap pembelajaran tersebut.

    Salah satu siswa kelas IV B Muhammad Gazali, mengaku tertarik dengan kegiatan kali ini karena bisa menghasilkan karya sketsa topeng sesuai yang diinginkan. "Kami juga menjadi tahu ada banyak ragam topeng dari Nusantara," ungkapnya.

     

    (Rep/Ft: Mudzalifah)


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728