Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PRAKTEK P5, SISWA MIN 11 HSS BERKREASI DARI PLASTIK BEKAS MAKANAN RINGAN


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Praktek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) hasilkan karya dari plastik bekas makanan ringan, Sabtu (11/11/23) di ruang kelas IV A.

    Wali kelas IV A Husnul Khatimah, S.Pd mengatakan P5 diharapkan menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Karna itu, salah satu tujuan dari P5 adalah untuk menghasilkan siswa yang kreatif dan produktif.

    "Melalui praktek ini diharapkan tidak hanya memunculkan sisi kreatif siswa tetapi juga dapat memupuk rasa peduli siswa terhadap sampah di sekitarnya, terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai," ujarnya.

    Lebih lanjut Husnul menjelaskan, dalam kegiatan ini siswa diminta membawa sampah anorganik berupa plastik bekas makanan ringan. Plastik-plastik tersebut kemudian dipotong kecil-kecil untuk kemudian ditempelkan pada kertas yang sudah disediakan.

    "Pada kertas yang dibagikan terdapat berbagai macam pola, mulai dari ikan, kelinci sampai bunga. Potongan-potongan plastik tadi ditempelkan mengikuti pola yang ada. Setelah jadi, para siswa dibiarkan berkreasi membuat bingkainya agar mendukung tampilan kolase yang telah dibuatnya," jelasnya.

    Salah satu siswa kelas IV A Zahirah Fairuz mengaku senang bisa membuat kolase bunga dari sampah plastik yang sering dianggap tidak berguna. "Semoga dengan membuat karya ini dapat memperindah kelas kami dan dapat mengurangi sampah plastik," harap Fairuz.

     

    (Rep: Islamiah / Ft: Husnul)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728