Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU DENGAN POT PENJUMLAHAN

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Untuk memudahkan pemahaman siswa, guru kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Nor Fadilla, S.Pd lakukan pembelajaran seru dengan menggunakan media Pot Penjumlahan, Senin (31/10/22) di ruang kelas II C.

    Menurut Fadilla, tidak semua siswa cepat memahami pembelajaran Matematika. Karena itu untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika, diperlukan inovasi media pembelajaran yang mudah diserap oleh siswa. Salah satunya adalah media Pot Penjumlahan.

    "Pada media Pot Penjumlahan terdapat tiga jenis pot, yaitu pot ratusan, pot puluhan, dan pot satuan. Masing-masing jenis pot memiliki dua pot sebagai tempat meletakkan stik bunga," jelas Fadilla.

    Setelah dijelaskan lanjutnya, salah satu perwakilan kelompok diminta untuk maju ke depan dan memeragakan cara menjumlahkan dua bilangan ratusan dengan menggunakan Pot Penjumlahan. Kemudian setiap kelompok diberikan Lembar Kerja Kelompok (LKK) yang berisi soal-soal penjumlahan dua bilangan ratusan untuk dikerjakan.

    Lebih lanjut Fadilla menyebutkan selain memudahkan pemahaman siswa, media Pot Penjumlahan juga memotivasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. "Dengan adanya media ini proses transfer ilmu selama pembelajaran berlangsung menjadi mudah. Anak-anak tidak merasa terbebani meskipun harus menjumlahkan bilangan yang besar," pungkas Fadilla.

    Semua siswa tampak menikmati jalannya pembelajaran. Adzkia Afifah, salah satu siswa kelas II C mengatakan bahwa pembelajaran dengan Pot Penjumlahan terasa menyenangkan. "Sangat seru dan mudah dipahami," ujarnya.

     

    (Ref/Ft : Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728