Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: TANAMKAN SIKAP DISIPLIN SEJAK DINI

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma’shumah menuturkan sikap disiplin harus ditanamkan di diri siswa sejak dini.

    Kedisiplinan sambungnya merupakan bentuk tanggung jawab kepada diri sendiri. “Berseragam rapi, datang dan pulang sekolah tepat waktu, serta mengerjakan PR adalah contoh disiplin kepada diri sendiri,” ujarnya menanggapi amanat Khairun Athiah, S.Pd.I mengenai Disiplin Menaati Tata Tertib yang disampaikan pada Upacara Bendera, Senin (21/11/22).

    Menurut Ma’shumah kebiasaan-kebiasaan baik yang mengharuskan diri berdisiplin akan terus terbawa hingga tua nanti. Bersikap disiplin akan membuat hidup penuh keteraturan, lebih tenang, dan pekerjaan dapat terselesaikan tepat pada waktunya. “Bahkan disiplin dapat membentuk pribadi yang mandiri dan percaya diri karena dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Karakter seperti inilah yang menjadi modal utama siswa dalam menggapai cita-cita dan impian mereka,” jelas Ma’shumah.

    Sebelumnya Athiah menyampaikan dalam amanatnya saat berada di lingkungan sekolah, para siswa wajib menaati tata tertib sekolah. Saat menjalankan kewajiban ini, secara tidak langsung siswa juga telah berdisiplin. “Mengenakan seragam sekolah sesuai hari ini, berbaris dengan rapi saat upacara ini termasuk tata tertib sekolah. Kita menjalankannya, otomatis kita telah mewujudkan sikap disiplin kepada diri kita,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Athiah menyebutkan pilar utama terbentuknya generasi yang unggul adalah terbiasa hidup disiplin. “Dengan disiplin kita telah terhindar dari sikap malas dan tidak teratur. Untuk itu mulailah berdisiplin terhadap diri sendiri. Meskipun tidak mudah, dengan berdisiplin kalian telah memulai perjalanan menuju kesuksesan,” pesan Athiah.

    Upacara Bendera setiap hari Senin dilaksanakan secara gabungan dengan diikuti oleh seluruh siswa-siswi serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP).

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728