Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Memetik Pengalaman di Persilada MTs Se-Kabupaten HSS


    Penulis Briefing Kontingen MTsN Habirau
    Hamak, PERSILADA- Sungguh pengalaman yang takkan bisa terlupakan bisa join di Perkemahan Silaturahmi Daerah II Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober s.d 02 November 2014 di Bumi Perkemahan Hamak Desa Sumaragi Kecamatan Telaga Langsat Kab. HSS.

    Keikutsertaan saya bukan sebagai peserta atau bina damping melainkan sebagai bagian dari Panitia Pelaksana. Tugas ini saya dapatkan sesuai Surat Keputusan (SK) dari Kantor Kementerian Agama Kab. HSS yakni bertugas di bagian seksi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Dokumentasi.

    Sebagai seorang pembina pramuka MIN Habirau Tengah, saya merasa terhormat bisa ikut bagian dari perkemahan tersebut. Pasalnya tidak sembarang orang yang bisa mendapatkan kesempatan emas ini.

    Selama 3 hari 2 malam saya banyak mendapatkan hal baru yang nantinya bisa saya terapkan di gugus depan MIN Habirau Tengah. Dan jujur saya sangat senang tak terkira dan sungguh kagum dengan seluruh peserta khususnya perwakilan dari Nagara Daha yang mendominasi perolehan piala pada ajang ini.

    Berikut sedikit catatan saya selama PERSILADA II MTs se-Kabupaten HSS Tahun 2014.
    1.  Perkemahan ini juga diikuti oleh Gugus Depan MTsN Habirau Negara. Jika kita lihat formasi kontingennya, banyak sekali alumni Pramuka MIN Habirau Tengah yang mengisi kontingen MTsN Habirau ini. Seperti Muhammad Dzikri, Muhammad Iman Ansyari, Muhammad Yasir, Ryan dan Fauzi. Untuk Puteri ada Hafizatunnisa, Risqa Fitria, Maria Ulfah, Rasyidah dan Husnul Khatimah. Saya tentu bangga dengan mereka yang masih semangat seperti dahulu saat masih menyandang pramuka siaga MIN Habirau Tengah.

    2.  Tanpa mau mengkotak-kotakkan antara pramuka Nagara dan Kandangan. Dapat saya simpulkan pramuka Nagara terasa lebih spesial. Bukan lantaran jiwa nasionalisme, melainkan mereka mampu bersatu untuk ‘mengobrak-abrik’ kegiatan (saat jeda istirahat) dengan menggemakan yel-yel bersama. Dan kejadian ini sontak menjadi perhatian dan sambutan kagum dari panitia dan peserta lainnya (dari Kandangan). Seru pokoknya..mereka menguasai lapangan.... good job Nagara.

    3.   Sebagaimana prediksi saya sejak awal. Pramuka Nagara akan mendominasi dan meraih prestasi yang gemilang di Persilada ini. Hal ini dapat dilihat dari semangat dan kekompakkan serta keterampilan mereka selama perkemahan. Secara kasat mata kita (yang awam) saja bisa membedakan mana gugus depan yang disiplin mana yang tidak, mana gudep yang terlatih mana yang kurang latihan dan mana gudep yang kompak mana gudep yang baru terbentuk.

    4.  Dan hal di atas terbukti dengan dinobatkannya MTsN Negara Tambak Bitin sebagai JUARA UMUM PERSILADA II MTs se-Kab. HSS Tahun 2014. Disamping itu gugus depan MTs dari Nagara lainnya juga termasuk jajaran gudep yang paling banyak mendapat piala. Seperti MTsN Habirau dan MTs Satu Atap Pandak Daun. Turut pula prestasi diukir oleh MTs Izharussalam Baruh Jaya, MTs Nuruddin Pasungkan serta MTs Satu Atap Hamayung.

    5.  Fakta menarik lainnya. Dalam perkemahan ini Lomba Tekpram (Teknik Kepramukaan) seperti LKBB, Smaphore, Membaca Kompas, Yel-Yelan, dsb hanya dijadikan dalam satu lomba saja yang dikemas dalam lomba Wide Game. Ada sebagian pembina yang menyayangkan hal ini, karena mengurangi cabang lomba yang akan dipertandingkan. Disamping itu karena tekpram merupakan hal wajib dan utama yang selalu diajarkan di gugus depan masing-masing, harusnya melalui ajang ini dijadikan sebagai pembuktian bagi masing-masing gugus depan menunjukan siapa yang terbaik. Dan lagi-lagi seperti saat LT III dulu, Pramuka Nagara masih mendominasi juara pada lomba ini yakni sang juara MTsN Negara Tambak Bitin, MTs SA Pandak Daun dan MTsN Habirau. Hal ini membuktikan bahwa pembinaan pramuka di Nagara lebih baik. Jempol deh....


    Demikian catatan kecil saya, rasa lelah pun seakan sirna tak terasa karena saking serunya ikut persilada ini. Tiada oleh-oleh yang paling berharga selain Pengalaman, Motivasi dan Inspirasi baru yang saya dapatkan dari perkemahan ini.  Dan saatnya untuk membina dan memajukan gugus depan MIN Habirau Tengah menjadi Gugus Depan SIAGA yang terdepan dan berprestasi. KITA BISA..................

    (Tsanwari Hidayat - Admin)


    Hasil Jepretan:


    MTsN Negara Tambak Bitin Pimpin Senam Pramuka
    secara mereka Juara II Tk. Prov. Kalsel Lomba Senam Pramuka
    Salah satu sudut petak tenda perkemahan
    Nunggu antrian wide game
    Mereka yang 'Maharu" persilada dengan yel-yel bersama.. hehehe 
    Aksi Gabungan Pramuka Nagara
    Kontingen MTsN Habirau
    Bersama jajaran panitia pelaksana perkemahan


    Bersama Regu Puteri MTsN Habirau usai mendapat tropi
    Bersama sang Juara Umum MTsN Negara Tambak Bitin

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728