Header Ads

ad728
  • Breaking News

    KAMAD: GURU HARUS MEMILIKI SIKAP ADIL DAN OBJEKTIF


    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Dra. Hj. Ma’shumah menuturkan seorang guru harus memiliki sikap adil dan objektif.

    Sikap adil dan objektif ini sambungnya, bertujuan agar setiap siswa memperoleh nilai sesuai dengan kemampuan belajarnya sendiri tanpa ada unsur membeda-bedakan, baik itu karna latar belakang siswa ataupun karna persepsi pribadi terhadap siswa.

    “Penilaian tanpa dasar atau tidak ada hubungannya dengan pembelajaran akan merugikan siswa. Setiap siswa memperoleh kesempatan yang sama dalam sistem penilaian belajar yang dilakukan oleh guru. Hal ini bisa didapatkan jika seorang guru memiliki sikap adil dan objektif,” ujarnya menanggapi amanat Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I pada acara Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional (HAN), Kamis (08/12/22) di Stadion 2 Desember Ganda Kecamatan Kandangan.

    Lebih lanjut Ma’shumah mengungkapkan guru sebagai pendidik harus dapat menanamkan sikap terpuji pada diri mereka terlebih dahulu, diantaranya adalah bersikap adil dan objektif. “Karna pada saat berada di sekolah sedikit banyak siswa akan mencontoh sikap gurunya. Guru yang selalu bersikap adil dan objektif pada siswanya akan menjadi teladan baik bagi siswa,” pungkasnya.

    Sebelumnya Yamani menyampaikan dalam amanatnya guru merupakan figur sentral dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar. “Karena itu setiap guru sangat diharapkan memiliki karakteristik kepribadian yang ideal,” ujarnya.

    Yamani juga mengatakan kepribadian yang ideal seorang guru nantinya yang akan menentukan karakter siswa yang dididiknya. “Guru dengan kepribadian baik akan menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan terdidik, begitu pula sebaliknya. Untuk itu penting bagi guru menjadi contoh yang baik bagi siswanya,” imbuhnya.

    Selain Kamad, turut hadir pula Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) MIN 11 HSS pada acara ini. Para PTK MIN 11 HSS terlihat antusias mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

     

    (Ref/Ft : Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728