Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SISWA MIN 11 HSS BELAJAR SERU LEWAT PEMBELAJARAN KESADARAN FONOLOGIS

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) – Untuk meningkatkan kemampuan membedakan bunyi huruf, guru kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) Husnul Khatimah, S.Pd melakukan pembelajaran Kesadaran Fonologis, Kamis (19/01/23) di ruang kelas II A.

    Menurut Husnul, siswa kelas awal seperti kelas II masih difokuskan untuk belajar membaca dan siswa sangat membutuhkan kemampuan membaca untuk belajar lebih lanjut di kelas berikutnya. Untuk itu guru perlu merancang pembelajaran membaca dengan baik, salah satunya dengan melakukan pembelajaran Kesadaran Fonologis.

    “Kesadaran Fonologis adalah kemampuan untuk mendengar, mengidentifikasi, dan memanipulasi bunyi-bunyi bahasa. Ini merupakan keterampilan lisan dan kemampuan untuk mendengar dan sadar akan bunyi-bunyi dan menggunakan bunyi-bunyi tersebut untuk membuat kata-kata baru,” jelasnya.

    Agar anak memiliki Kesadaran Fonologis lanjutnya, harus didukung dengan suasana belajar yang seru, misalnya melalui kegiatan permainan. Permainan memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif dan sosial siswa.

    “Dalam pembelajaran ini siswa akan diajak bermain menemukan ‘harta karun’ berupa amplop berisi potongan-potongan gambar berwarna yang telah disembunyikan di dalam kelas. Selanjutkan siswa harus mengidentifikasi gambar dan menuliskan nama gambar tersebut di Kartu Huruf dengan bunyi huruf awal yang telah tersedia,” tuturnya.

    Lebih lanjut Husnul mengungkapkan pembelajaran ini mendorong keterlibatan aktif semua siswa karena dibutuhkannya kerjasama antar anggota kelompok dalam menyesuaikan bunyi huruf awal setiap kata dengan gambar yang tersedia dan menyampaikan hasil identifikasi akhir mereka.

    Semua siswa tampak menikmati jalannya pembelajaran. Noor Asyifa, salah satu siswa kelas II A mengatakan bahwa pembelajaran kali ini terasa menyenangkan. “Sangat seru dan tidak membosankan,” ujarnya antusias.

     

    (Ref/Ft: Islamiah)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728